Search
Monday 11 December 2017
  • :
  • :

Curug Dago

Curug Dago

Curug Dago merupakan salah satu wisata air terjun yang ada di kota Bandung Jawa Barat. Lokasi Curug ini di kelurahan Dago, kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Curug Dago memiliki ketinggian sekitar 12 meter. Curug Dago ini merupakan aliran air terjun di sungai Cikapundung yang alirannya dari Maribaya, menuju Tahura Juanda kemudian dibendung di kolam pakar. Air bendungan ini dialirkan melalui pipa raksasa untuk membangkitkan PLTA dago. Aliran dari PLTA inil menuju perumahan warga dan akhirnya terjun di Curug Dago. Lokasi Curug Dago ini agak tersebunyi sehingga banyak orang yang tidak tahu.

Curug Dago

Curug Dago

Di dekat Curug ini terdapat 2 prasasti peninggalan kerajaan Thailand. Kedua prasasti ini dibangun pada tahun 1888 M pada zaman Raja Rama V saat berkunjung ke Curug Dago. Di sekitar area Curug Dago ini terdapat penjual makanan kecil, sehingga jika pengunjung tidak membawa bekal maka bisa membeli makanan ringan atau minuman di sini. Di sekitar Curug ini banyak pepohonan besar, sehingga kondisi udara di Curung ini sejuk dan menyegarkan.

Untuk berkunjung ke Curug Dago ini maka bisa dipilih rute yang menuju Terminal Dago. Lokasi Curug sebenarnya hanya sekitar 400 meter dari terminal Dago. Hanya saja untuk menuju ke Curug ini anda harus berjalan kaki melalui jalan setapak. Jika membawa kendaraan pribadi, sebaiknya kendaraan diparkir di Taman Budaya Jawa Barat (Dago Tea House) yang tidak jauh dari terminal.

Curug Dago ini cukup indah, sayangnya kondisinya agak kurang terawatt. Air sungai Cikapundung yang mengalir saat ini semakin keruh, karena di atas Curug banyak perumahan warga. Namun demikian, keindahan Curug ini masih ada dan bisa dinikmati. Lokasinya yang agak tersembunyi dan jauh dari jalan besar, sangat cocok buat anda yag ingin jogging pagi menuju ke lokasi Curug ini.