Search
Saturday 21 October 2017
  • :
  • :

5 Masjid terunik di dunia

1. Masjid Aschabul Kahfi

 Masjid Aschabul Kahfi

Masjid Aschabul Kahfi

Umumnya tempat ibadah mempunyai kubah yang menjulang ke langit, namun berbeda dengan tempat ibadah yang satu ini. Perbedaan dengan masjid yang lain, adalah letak nya unik yaitu di dalam perut bumi. Tempat ibadah umat muslim yang berada di Tuban Jawa Timur ini, akan menarik banyak perhatian bagi setiap yang berkunjung di daerah ini. Tempat ibadah umat muslim ini di beri nama masjid aschabul kahfi. Pada tahun 2002, oleh KH Subhat menyulap gua menjadi tempat untuk beribadah. Sejak saat itu, pembangunan dan proses perbaikan terus dilakukan. Untuk menuju tempat ibadah, para pengunjung harus melewati beberapa lorong dan gua.

2. Masjid Hassan II

Masjid Hassan II

Masjid Hassan II

Raja Hassan II dari Maroko, memberikan sebuah bangunan istimewa kepada para penduduk nya dengan membangun sebuah masjid. Beliau mendirikan tempat ibadah ini ke Casablanca, Maroko. Masjid hassan II memiliki luas sekitar 90.000 meter persegi dan mampu menampung hingga 100.000 jamaah. Unik nya tempat ibadah ini berada menjorok di Samudra laut Atlantik dan membuat terlihat seakan-akan berada di tengah laut. Oleh karena itu, tempat ibadah ini dijuluki dengan nama “Singgasana Tuhan Di Atas Air” atau masjid terapung terbesar di dunia. Selain itu, tempat ibadah ini memiliki menara dengan tinggi 210 meter, ini menjadikan nya sebagai menara masjid tertinggi di dunia.

3. Masjid Ar-Rahman

Masjid Ar-Rahman

Masjid Ar-Rahman

Di ibukota Mekkah yaitu Jeddah, terdapat masjid yang direkomendasikan untuk dikunjungi yaitu Masjid terapung Laut Merah Ar-Rahman. Di namakan terapung, karena lokasi masjid ini berada di pinggir pantai. Sehingga membuat masjid terlihat seperti terapung di atas permukaan air laut. Tempat ibadah ini awal nya bernama Masjid Fatimah, hingga pemerintah Arab Saudi merubah nama nya menjadi Masjid Ar-Rahman. Hampir seluruh pengunjung masjid ini ingin merasakan segar nya angin pantai dan tidak ingin melewatkan untuk beribadah di tempat ini. Masjid ini terletak di bibir Laut Merah, meski air laut nya tidak semerah nama nya tetap saja ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

4. Masjid Di Dalam Laut

Masjid Di Dalam Laut

Masjid Di Dalam Laut

Arab saudi telah membangun tempat ibadah untuk umat muslim pertama di bawah laut. Tempat ibadah berlokasi sangat unik ini dibangun oleh sekelompok penyelam. Masjid ini dibangun dengan menggunakan pipa yang di isi pasir di bawah lautan, ibarat laut pesisir kota Tabuk dekat dengan perbatasan kota Yordania. Seorang penyelam bernama Hamadan Bil Salim Al Mashudi, mengatakan bahwa ide ini pertama kali tercetus pada tahun lalu dan langsung memutuskan untuk membangun tempat ibadah ini. Unik nya para penyelam ini menyelesaikan konstruksi tempat ibadah tepat ketika waktu magrib tiba. Sehingga untuk pertama kali nya, mereka menunaikan sholat magrib secara.

5. Masjid Agung Syeikh Zayed

Masjid Agung Syeikh Zayed

Masjid Agung Syeikh Zayed

Kota Abudabi di Uni Emirat Arab terkenal dengan moderenitas yang bercampur dengan pesona gersang gurun pasir. Sebagai mayoritas penduduk nya adalah muslim, kota Abudabi ini juga memiliki tempat-tempat ibadah yang indah dan mempesona, salah satunya masjid Agung Syeikh Zayed. Tempat ibadah ini mempunyai ukuran sama dengan 5 kali lapangan sepak bola. Hal ini menjadikan masjib ini merupakan salah satu tempat ibadah terbesar di Uni Emirat Arab. Seperti istana di negeri seribu satu malam, bangunan putih dan megah ini muncul seperti di gurun pasir. Tempat ibadah ini berhiaskan karpet terluas yang pernah dibuat oleh tangan manusia dan juga lampu kristal suaroski terbesar di dunia. Masjid Agung Syeikh Zayed tersusun dari marmer putih dengan emas di atas kubah tempat ibadah tersebut. Pesona kemewahan dan kemegahan dari tempat ibadah tersebut bagaikan permata di tengah gersang nya gurun.