Search
Tuesday 17 October 2017
  • :
  • :

Teras Cikapundung

Teras Cikapundung

Kota Bandung terkenal dengan berbagai taman-taman yang indah. Salah satunya adalah Teras Cikapundung. Tempat yang satu ini adalah tempat yang tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi. Letaknya di jalan Siliwangi (dekat ITB, dekat Sabuga). Jika anda melewati jalan Siliwangi, dan melewati jembatan Sungai Cikapundung, maka di dekat area itulah ada Teras Cikapundung.

Pengunjung menikmati liburan di daerah Teras Cikapundung, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (2/1). Teras Cikapundung merupakan proyek nasional yang dikelola Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum untuk merevitalisasi tepian sungai Cikapundung guna menjadi ruang publik bagi masyarakat Bandung sekaligus sebagai sarana pendidikan yang terkait lingkungan. ANTARA FOTO/Agus Bebeng/aww/16.

Dulunya tempat ini merupakan tempat berkumpulnya para seniman. Akan tetapi keadaan menjadi tidak terurus, dan bahkan terkesan angker. Sampai-sampai masyarakat menyebutnya sebagai tempat jin membuang anak. Namun setelah dibagun, tempat ini menjadi tempat yang indah dan menyenangkan. Masyarakat Bandung dan sekitarya bisa menikmati tempat ini sebagai tujuan wisata.

Fasilitas-fasilitas yang ada di Teras Cikapundung

  1. Amphiteater

Tempat ini merupakan tempat untuk menggelar berbagai seni. Saat anda berkunjung mungkin ada band yang emnyanyikan lagu, mungkin juga ada pertunjukan sulap ataupun atraksi-atraksi lain yang menarik di  Amphiteater ini.

amphiteater-teras-cikapundung

  1. Jembatan merah

Jangan berpikir jembatan merah hanya ada di Surabaya saja. Di Teras Cikapundung juga ada Jembatan merah karena memang  memakai cat berwarna merah. Jembatan ini merupakan sarana penyeberangan di sungai Cikapundung.

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

jembatan-merah-teras-cikapundung

  1. Kolam

Setelah melintasi jembatan merah, anda akan menemukan kolam. Kolam ini dilengkapi dengan ikan-ikan khas Sungai Cikapundung, seperti badar, beunteur, dan kehkel

Kolam Ikan Teras Cikapundung

Kolam Ikan Teras Cikapundung

  1. Air Mancur

Di dekat Jembatan merah terdapat beberapa lubang air yang menyembur ke udara, sehingga menambah keindahan Teras Cikapundung ini. Banyak pengunjung yang berfoto-foto di tempat ini.

air-mancur-teras-cikapundung

  1. Mushola dan Toilet

Fasilitas mushola dan toilet di sini cukup bagus, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika harus buang air kecil ataupun buang air besar. Pengunjung yang muslim juga bisa beribadah di tempat ini bila waktu sholat tiba.

  1. Tempat makan

Bagi pengujung yang ingin mengisi perutnya yang lapar, setelah melewati jembatan merah, di bagian ujung setelah menanjak, terdapat benyak warung makan. Di sini bisa menikmati bajigur atau bandrek, mie rebus, nasi merah dan lain-lain.

Sungai Cikapundung sendiri berhulu di Lembang , di daerah Curug Omas, merupakan pertemuan antara Sungai Cikawari dan Cigulung. Aliran ini melewati Taman Hutan Raya Juanda, dan dibendung di kolam pakar. Aliran Sungai ini dipakai juga untuk membangkitkan PLTA Dago dan PLTA Bengkok. Aliran ini membelah kota Bandung, melalui teras Cikapundung menuju kota Bandung hingga Bandung Selatan dan bermuara di Sungai Citarum.

Nah, jika punya kesempatan sempatkan mampir di teras Cikapundung ini.