Search
Wednesday 28 June 2017
  • :
  • :

Telaga Remis

Telaga Remis

Kuningan merupakan suatu kota kecil di Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Daerah ini terkenal memiliki banyak wisata. Gunung Ciremai yang tertinggi di Jawa Barat letaknya juga di Kuningan. Selain wisata gunung juga terdapat Goa, Kebun raya, berbagai tempat camping dan wisata air. Salah satu wisata air yang terkenal adalah Telaga Remis.

wisata-telaga-remis

Telaga remis adalah sebuah danau yang berlokasi di desa Kaduela kecamatan Mandirancang kabupaten Kuningan. Tempat wisata ini cukup menarik karena keindahannya. Di sekitarnya banyak ditumbuhi pepohonan pinus yang berbaris, tentunya melengkapi keindahannya. Nama Telaga Remis berasal dari dua kata, yaitu Telaga dan Remis. Telaga artinya danau (dalam bahasa Sunda talaga), sementara remis adalah nama kerang kecil yang berwarna kuning. Di telaga ini memang banyak dijumpai kerang berwarna kuning.

telaga-remis

Jarak tempat ini dengan kota Kuningan adalah 37 km, jika ditempuh dengan mobil butuh waktu sekitar 1 jam. Wisata Telaga Remis ini dikelola oleh Perum Perhutani Daerah Kuningan. Luas tempat wisatanya adalah 13 hektar, sementara wilayah danaunya adalah 3,25 hektar. Di Telaga ini orang bisa berkeliling naik perahu ataupun sepeda air. Pengunjung juga dibolehkan memancing ikan untuk dibawa pulang dan dimakan di rumah.

ikan-di-telaga-remis

Ikan yang ada di Telaga ini kebanyakan adalah ikan mujair dan ikan mas. Bagi anda yang lebih suka berjalan kaki, di sini juga disediakan jalan khusus untuk pejalan kaki memutari Telaga. Jadi anda bisa punya pilihan naik perahu, memancing ataupun berjalan kaki di telaga ini.