Search
Tuesday 17 October 2017
  • :
  • :

Tebing Keraton

Tebing Keraton

Tebing Keraton merupakan salah satu wisata di Bandung Utara, khususnya daerah Dago, yang masih satu wilayah dengan Taman Hutan Raya Juanda. Tempat wisata ini memiliki pemandangan yang sangat indah, karena merupakan puncak tertinggi dibandingkan dengan wilayah sekitarnya. Dari tempat ini anda bisa melihat wilayah-wilayah pegunungan lain yang lebih rendah. Di sini view kota Bandung kurang terlihat. Tapi kita bisa melihat pemandangan yang berbeda. Kita bisa melihat pemandangan yang full hijau. Kita bisa melihat Tahura Juanda dari atas. Kita juga bisa melihat tempat wisata Maribaya dari atas.

Tebing Keraton Bandung

Tebing Keraton Bandung

Salah satu bagian yang paling menarik di Tebing Keraton adalah di bagian ujung. Tempat ini seperti tembok Besar di atas jurang. Bagian pinggirnya memang sudah dipagari, sehingga menambah keamanan para pengunjung. Namun demikian pengunjung mesti tetap hati-hati, karena bagian bawahnya langsung jurang. Di tempat inilah biasanya pengunjung banyak berfoto-foto, dan diupload di sosial media, sehingga makin menambah tenar Tebing Keraton ini.  Di dalam tempat wisata ini juga dibagun sebuah menara, sehingga pengunjung bisa menaiki menara dan melihat pemandangan yang lebih luas lagi.

Meskipun tempat wisata yang  satu ini masih tergolong baru (katanya mulai ada dari Mei 2014), namun sudah tertata rapi. Jalanan-jalanan setapak sudah dibagusin. Bagian-bagian sekitar jalanan setapak ini kelihatan menghijau dengan adanya pohon-pohonan dan rumput-rumputan yang tertata rapi. Akan tetapi  untuk melewati jalan-jalan setapak ini perlu tenaga ekstra, karena kebanyakan naik dan turun.

Tebing Keraton

Tebing Keraton

Untuk menempuh perjalanan menuju  Tebing Keraton ini disarankan memakai sepeda motor. Jika memakai mobil jalanan terlalu sempit, sehingga seringkali tidak bisa berpapasan. Dari Terminal Dago, pilihlah arah ke Taman Hutan Raya Juanda. Ketika sampai di depann gerbang Tahura Juanda ini, tentunya jangan masuk ke Tahura Juanda. Pilih jalur kea rah kanan. Kurang lebih 3,5 km anda akan sampai di Tebing Keraton. Disarankan sepeda motornya jangan kebanyakan beban, karena jalanan banyak yang menanjak. Jangan lupa juga bensin sebisa mungkin dipenuhi, daripada kehabisan di jalan nanti repot. Nah, selamat berkunjung ke Tebing Keraton dan menikmati pemandangan yang indah menghijau.