Search
Tuesday 22 August 2017
  • :
  • :

Sungai Barito

Sungai Barito

 

Sungai Barito adalah sungai terpanjang di Kalimantan Selatan, dan merupakan sungai terpanjang ketiga di Indonesia setelah Sungai Kapuas dan Sungai Mahakam. Sungai ini bermata air di Pengunungan Muller dan bermata air di laut Jawa. Nama Barito berasal dari nama salah satu daerah yang dialiri oleh sungai ini. Sungai Barito ini sebenarnya memiliki banyak nama, yaitu Sungai Dusun, Sungai Banjar, Sungai Banjarmasin, Sungai Banjar Besar, atau Sungai Cina. Nama Sungai Cina disebabkan pada zaman dahulu banyak pedagang-pedagang Cina yang melakukan banyak aktivitas di sungai ini.

sungai-barito

Walaupun memiliki banyak nama, namun nama Barito adalah nama yang paling banyak digunakan untuk sungai ini. Barito pada awalnya adalah nama sebuah daerah, yaitu Kabupaten Barito yang dulunya memiliki ibukota Muara Teweh yang secara administratif berada di wilayah Kalimantan Tengah. Sungai Barito ini memiliki lebar antara 600 sampai 800 meter serta rata-rata kedalaman 8 meter. Di daerah muara, lebar sungai ini mencapai 1000 meter. Dengan demikian Sungai Barito merupakan Sungai Terlebar di Indonesia.

Masalah utama di Sungai Barito adalah adanya pendangkalan akibat sedimentasi yang semakin parah. Hal ini disebabkan banyaknya hutan tropis ataupun hutan bambu yang diubah oleh manusia menjadi lahan kelapa sawit.