Search
Tuesday 22 August 2017
  • :
  • :

Sauropoda

Sauropoda

 

Nama Sauropoda dipakai untuk infraordo dari dinosaurus saurischia. Binatang-binatang ini memiliki ukuran leher dan ekor yang sangat panjang serta ukuran kepala yang kecil jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya. Memiliki kaki yang tebal dan bentuknya seperti pilar.Bentuk gigi hewan ini seperti pasak, Fosil-fosil dinosaurus saurupoda ditemukan di semua benua, bahkan di benua Antartika.

Sauropoda

Dinosaurus Sauropoda yang dikenal karena beberapa spesiesnya memiliki ukuran yang sangat besar. Pada kelompok ini terdapat hewan-hewan darat terbesar yang pernah tinggal di permukaan bumi.  Beberapa genus yang banyak dikenal orang pada kelompok ini adalah Apatosaurus (Brontosaurus), Brachiosaurus, dan Diplodocus.

 

Menurut para ahli, Sauropoda pertama kali muncul pada zaman periode trias akhir. Binatang ini memiliki banyak kemiripan dengan Prosauropoda sehingga ilmuwan yang mengikuti aliran evolusi menganggap sebagai keturunan Prosauropoda.

 

Pada akhir periode jura (sekitar 50 juta tahun yang lalu) Sauropoda telah mengalami penyebaran yang luas di muka bumi, terupama brachiosaurus dan diplodocus. Pada akhir periode kapur, kelompok hewan ini digantikan oleh titanosaurus. Seperti dinosaurus pada umumnya, titanosaurus pada akhirnya juga mengalami kepunahan.

 

Nama Sauropoda dibuat oleh O.C. Marsh pada tahun 1978.