Search
Tuesday 25 July 2017
  • :
  • :

Rahasia Besi

Rahasia Besi Penciptaan Besi

meteorBesi merupakan logam yang banyak paling kita pakai. Untuk membuat pisau, pedang, paku, sepeda, obeng, mobil, sepeda motor, pesawat terbang, kereta api, kapal laut dan lain-lain besi selalu dipakai. Bahkan darah kita juga mengandung besi. Akan tetapi tahukah anda di manakah besi diciptakan ?

Dalam penemuan astronomi modern, besi tidak terbentuk di bumi, melainkan terbentuk pada bintang-bintang di langit. Logam berat yang ada di bumi ini dihasilkan oleh inti bintang-bintang raksasa yang ada di angkasa luar. Sistem tata surya kita ini tidak memungkinkan untuk membentuk besi secara mandiri. Diperlukan bintang yang jauh lebih besar dari matahari agar besi bisa terbentuk.

Ketika besi yang terbentuk di sebuah bintang telah mencapai kadar tertentu maka bintang tersebut tidak akan lagi mampu menanggungnya, sehingga bintang tersebut akan meledak pada proses yang disebut “nova” atau “supernova”. Dengan adanya ledakan ini meteor-meteor yang dihasilkan akan bertaburan ke ruang angkasa dan ditarik oleh gravitasi planet-planet ataupun bintang lain, termasuk gravitasi bumi.

Dari sini jelaslah gravitasi bumi menarik meteor-meteor yang mengandung besi, sehingga bumi memiliki besi. Dengan kata lain, besi terbentuk di angkasa dan akhirnya turun ke bumi. Hal ini sesuai dengan Al Quran surat Al Hadiid (besi) yang menyatakan

“…dan Kami TURUNKAN BESI yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia…”(AL Quran , Al Hadiid 25) .

Penemuan seperti ini tidak mungkin diperoleh pada abad ke 7 masehi, pada saat Al Quran diturunkan. Dari sini, jelaslah bahawa Al Quran bukan ciptaan manusia, bukan pula hasil Rekayasa Nabi Muhammad SAW, akan tetapi benar-benar firman Allah SWT.

Ternyata, masih ada lagi keunikan tentang besi ini. Unsur besi memiliki 4 isotop, yaitu 54, 56, 57 dan 58. Dari keempat isotop tersebut, nomor masa 56, 57, dan 58 stabil. Dari ketiga isotop yang stabil, nomor massa 57 adalah satu-satunya isotop besi yang memiliki nuclear spin. Anehnya ini sesuai dengan urutan surat ke 57, yaitu Al Hadiid.

Wallahu a’lam