Search
Saturday 25 November 2017
  • :
  • :

Pengaruh Kebiasaan

Ketika masih kecil, kita sering diajari menggosok gigi. Pada saat itu kita tidak mau melakukannya. Terkadang kita malah menangis ketika diminta melakukannya. Bagi kita menggosok gigi saat itu bukanlah hal yang nikmat. Namun orang tua tidak bosan-bosannya mengajarkan kita menggosok gigi. Lama-kelamaan kita menjadi biasa melakukannya. Saat kita dewasa, menggosok gigi akhirnya menjadi suatu kebiasaan. Apa yang anda rasakan jika anda dilarang menggosok gigi selama 2 hari ? Radanya tentu saja tidak nikmat. Itulah efek dari kebiasaan.

menggosok-gigi

Sesuatu yang sudah biasa kita kerjakan, jika tidak kita lakukan akan terasa tidak nyaman. Sesuatu yang tidak biasa kita kerjakan, jika kita diminta untuk mengerjakannya, tentunya juga tidak nyaman. Untuk itulah biasakan mengerjakan sesuatu yang baik, agar kita merasa nyaman ketika diminta melakukan sesuatu yang baik. Kita juga merasa tidak nyaman jika diminta meninggalkan kebiasaan baik tadi. Jangan melakukan kebiasaan buruk. Sekali-kalipun jangan pernah melakukannya. Hindarkanlah diri anda dari melakukan kebiasaan buruk tadi. Cegahlah diri anda untuk melakukan kebiasaan buruk tadi walaupun hanya sekali. Dengan cara begitu jika suatu saat anda mendapat godaan untuk melakukan kebiasaan buruk tadi, maka anda merasa tidak nyaman untuk melakukannya, sehingga kemungkinan besar anda akan terhindar dari melakukan kebiasaan buruk tadi. Bahkan anda bisa merasa bangga tidak terbawa arus melakukan kebiasaan buruk tadi.

 

Seorang siswa yang sudah terbiasa belajar, jika diminta untuk berhenti belajar, tentunya akan merasa tidak nyaman. Bagi dia belajar sudah menjadi bagian dari hidupnya. Jika tidak belajar rasanya ada sesuatu yang hilang dalam hidupnya. Begitu juga siswa yang jarang belajar. Bagi dia, belajar merupakan sesuatu yang tidak nikmat. Bagi dia, belajar merupakan sesuatu yang menyakitkan. Oleh karena itu dia cenderung tidak mau belajar.

 

Orang yang sudah biasa rajin ibadah, akan merasa bahwa ibadah merupakan bagian dari hidupnya. Jika dia tidak melakukan ibadah tadi, maka dia akan merasa berdosa. Hidup terasa tidak nikmat tanpa adanya ibadah. Begitu juga dengan orang yang tidak biasa beribadah. Bagi dia, ibadah adalah sesuatu yang menyengsarakan. Ibadah adalah sesuatu yang membebani dalam hidup. Jadi, anda mau pilih yang mana ?