Search
Wednesday 28 June 2017
  • :
  • :

Nilai Tambah Dan Faktor Kali

Bill Gates dan Steve JobsNilai tambah adalah sesuatu yang menjadi kelebihan kita, sehingga orang lain merasa memerlukannya. Misalnya kalau kita adalah mahasiswa yang punya IP di atas 3,5 sementara mahasiswa lain IP nya di bawah 3,5 maka IP di atas 3,5 adalah nilai tambah. Akan tetapi jika semua mahasiswa IP nya di atas 3,5 maka IP di atas 3,5 adalah nilai standar. Kita ahli dalam berpidato sementara orang lain tidak ada yang ahi berpidato, maka ahli berpidato adalah nilai tambah. Akan tetapi jika semua orang ahli berpidato maka ahli berpidato adalah nilai standar.

Jika kita menjual produk dengan diskon 20%, sementara di toko yang lain tidak ada diskon maka diskon 20% adalah nilai tambah. Jika semua toko juga menggunakan diskon 20% maka diskon 20% adalah nilai standar. Jika anda seorang karyawan, dan anda punya nilai tambah maka anda layak untuk mendapatkan kenaikan gaji (atau gaji anda lebih besar dibandingkan yang lain), tetapi jika nilai anda standar maka anda layak untuk tidak naik gaji (atau gaji anda layaknya sama dengan karyawan lain). Jika nilai anda di bawah nilai standar maka seharusnya anda dipecat.

Kalau anda ingin memeiliki masive income (penghasilan yang langsung besar) maka anda harus fokus 2 hal, yang pertama nilai tambah dan yang kedua adalah faktor kali. Apa yang dimaksud dengan faktor kali ?

Faktor kali adalah suatu badan atau organisasi, dengan sekali sentuh langsung berefek banyak. Misalnya jika kita menjual krupuk. Jika krupuk kita enak dan harganya murah serta dicari-cari orang maka krupuk kita sudah memiliki nilai tambah. Kalau kita menjual krupuk kita secara asongan maka kita tidak memiliki faktor kali. Bagaimana cara kita mencari faktor kalinya ?

Faktor kalinya bisa kita dapatkan dengan cara menitipkan krupuk kita di toko-toko lain. Dengan cara ini tidak hanya kita yang menjualnya, orang lain juga ikut membantu menjualnya. Adakah faktor kali yang lebih besar ? Tentu saja ada. Misalnya kita langsung memasukkan di minimarket, tentu saja faktor kalinya lebih besar. Hal ini disebabkan kalau kita memasukkan di minimarket, kita tidak bisa langsung memasukkannya di minimarket, akan tetapi kita harus memasukkannya di bagian grosirnya. Mereka sendiri yang akan mendistribusikannya ke minimarket-minimarket.  Dengan demikian energi kita bisa dipakai untuk memasukkan ke grosir-grosir minimarket yang lain.

Ini merupakan rahasia orang terkaya di dunia (Bill Gates). Kenapa Bill Gates terkaya di dunia ? Produknya windows memang benar-benar mempunyai nilai tambah. Produk ini sangat dicari-cari para pemakai komputer. Bill Gates memiliki faktor kali yang luar biasa yaitu semua perusahaan komputer kelas dunia, kecuali Apple. Windows dipakai oleh Compaq, Toshiba, Sony, Accer, Asus, Lenovo, Axio, Fujitsu dan lain-lain. Masing-masing perusahaan menjual sampai jutaan. Itu sebabnya Bill Gates menjadi kaya raya.

Berbeda dengan Steve Jobs. Dia memiliki produk namanya Macintosh (setara dengan windows). Akan tetapi produk ini hanya dijual di perusahaan Apple. Otomatis penjualanya tidak sebanyak penjualan Bill Gates. Sekarang jika anda ingin kaya raya, nilai tambah dan faktor kali apa yang anda punya ?