Search
Monday 24 July 2017
  • :
  • :

Kisah 3 Butir Jagung

Kisah 3 Butir Jagung dan Uang

kotak jagungSepasang Suami Istri ketika baru menikah membuat janji-janji agar kehidupan mereka bisa ideal. Si suami berkata, “Sayangku, aku ingin di antara kita ini kejuajuran selalu dijaga.” Aku tidak mau ada hal-hal yang ditutup-tutupi di antara kita bedua.” Sang Istri mengangguk setuju. “Saya sangat setuju mas, saya tidak mau menutup-nutupi segala hal yang berkainan dengan kita berdua.”

Si suami melanjutkan,”Okelah kalau begitu, tapi kalau boleh aku meminta satu hal”. Si istri bertanya ,”Apa itu mas ?” Suami melanjutkan ,”Saya mempunyai sebuah kotak. Aku tidak ingin kamu mengetahui apa isi kotak ini. Tapi aku berjanji, apapun yang aku lakukan, aku akan jujur kepadamu, kecuali satu hal, yaitu tentang isi kotak ini.” Si istri awalnya berpikir dan mulai meragukan suaminya. Akan tetapi akhirnya dia bisa menerimanaya. Apalah artinya sebuah kotak.

Setelah sekian puluh tahun sebagai suami istri, mereka menempuh kehidupan rumah tangganya dengan penuh kebahagiaan. Kadang sesekali juga bertengkar, akan tetapi mereka lebih banyak rukun. Pada saat usia mereka sudah mencapai 60 tahun, si istri mulai penasaran dengan kotak yang dimiliki suaminya.

“Suamiku, aku sebenarnya sangat penasaran, mengapa engkau begitu rajin merawat kotak itu, tapi aku tidak pernah tahu, apa isi kotaknya. Maukah engkau memberitahukan kepada saya isi kotak itu?” Sang suami akhirnya berkata,”Ya sudahlah, berhubung kita sudah sama-sama menjadi kakek dan nenek, saya ingin membongkar isi kotak ini, tapi kamu janji ya tidak akan marah.” Si istri mengatakan “Saya berjanji”.

Suami akhirnya membuka gempok yang diapakai mengunci kotak itu. Ketika dibuka si istri kaget dan bingung melihatnya. Kotak yang selama ini dijaga dan dirawat suaminya, ternyata isinya hanya 3 butir jagung dan uang Rp 10.000,- .

Setemgah tidak percaya si istri bertanya kepada suaminya,”Apa masksudnya ? Kenapa kalau hanya 3 butir jagung mengapa engkau begitu merawatnya? ” Si suami akhirnya berkata,”Aku mau menceritakan perihal 3 butir jagung ini, karena ini begitu berarti bagiku, tapi dengan syarat kamu berjanji tidak akan marah. Si istri berkata ,”Aku berjanji” Sang suami meyakinkanya supaya istri tidak marah, si istri setuju. Si suami mengulanginya sampai 3 kali dan si istri setuju.

Si suami berkata,”Sayangku, sebenarnya aku ini pernah selingkuh. Setiap kali selingkuh, saya memasukkan 1 buti jagung ke dalam kotak ini.” Si istri kaget bukan main, dia mau marah, sayangnya dia sudah berjanji untuk tidak marah sehingga mampu menahannya. Si itri berkata, “Aku sebenarnya ingin marah, tapi masalahnya aku sudah berjanji untuk tidak marah. Lagian kita ini sudah sama-sama tua, untuk apa mempermasalahkan hal yang seperti ini, lagian engkau melakukannya tidak sering, toh hanya 3 kali saja kan ? tapi kalau boleh tahu, apa artinya uang Rp 10.000 ini ?”

Si suami langsung menjawab ,”Ketika kotak ini penuh dengan jagung, aku menjualnya, sehingga jadilah uang Rp 10.000,- ini.