Search
Monday 25 September 2017
  • :
  • :

Kadal

kadalKadal termasuk binatang merayap (reptil) yang berkaki empat. Dalam arti luas kadal adalah binatang berkaki empat yang merayap, termasuk cecak, biawak, bunglon, komodo, iguana, tokek, dan lain-lain. Dalam arti sempt, kadal adalah binatang reptil kecil berkaki empat, bersisik dan merayap di atas tanah.

Kadal merupakan hewan berdarah dingin. Sisik pada binatang ini seolah-olah basah, padahal sebenarnya tidak. Kadal memiliki sisik yang kering. Kadal tidak memiliki pori-pori yang mengeluarkan keringat.

Kadal memiliki karakteristik yang bermacam-macam, sebagian besar hidup di atas tahah. Ada yang memanjat pohon, bahkan ada juga yang bisa mengubah warna kulitnya (bunglon).

Makanan kadal sangat bervariasi. Sebagaian besar merupakan predator. Namun banyak juga yang memakan tumbuh-tumbuhan. Kadal-kadal besar seperti biawak, komodo dan buaya mampu memangsa mamalia yang besar, sedangkan kadal-kadal kecil memangsa cacing, nyamuk, kupu-kupu dan hewan-hewan kecil lainnya.

Sebagian kadal mampu memutuskan ekornya untuk mengelabuh predator yang lain. Ekor yang putus ini akan bergerak lebih lincah, sehingga menarik perhatian pemangsa. Di saat itulah kadal bisa dengan mudah meloloskan diri.