Search
Monday 24 July 2017
  • :
  • :

Inilah 5 Pemain Sebagai Raja Diving di Dunia Sepakbola

Sepakbola tak ubahnya perang di lapangan hijau. Para pemain dengan segala usahanya berjuang untuk meraih kemenangan. Termasuk cara yang merugikan lawan. Dalam sepakbola kita mengenal aksi ‘diving’ atau usaha menjatuhkan diri lalu berpura-pura kesakitan. Tujuannya sudah jelas agar sang pengadil lapangan menganggapnya sebagai pelanggaran dan memberikan keuntungan bagi tim si pelaku. Aksi ‘diving’ ini menjadi sorotan khusus dari Badan Sepakbola Dunia (FIFA) karena mencederai asas Fair Play dalam pertandingan sepakbola. Wasit diberi kewenangan besar untuk memberikan hukuman kartu kepada pemain yang diketahui melalukan aksi tak terpuji itu. Berikut ini sejumlah pemain yang terkenal sebagai Raja Diving di dunia sepakbola.

1. Jurgen Klinsmann (Jerman)

Jurgen Klinsmann (Jerman)

Jurgen Klinsmann (Jerman)

Ya, julukan Raja Diving patut disematkan kepada sosok Jurgen Klinsmann. Mantan penyerang internasional Jerman ini memang dikenal pemain yang paling sering melakukan diving. Aksi menjatuhkan dirinya yang paling terkenal adalah saat Jerman berhadapan dengan Argentina di final Piala Dunia 1990. Saat itu, Klinsmann terlihat terjatuh keras di dalam kotak penalti sembari meringis kesakitan memegangi lututnya. Tanpa ragu wasit memberikan tendangan penalti kepada Der Panzer. Andreas Brehme yang maju sebagai eksekutor sukses menjebol gawang Tim Tango dan mengantar negaranya jadi juara dunia untuk ketiga kalinya. Meski dijuluki Si Raja Diving, Klinsmann nyatanya cukup tajam sebagai seorang juru gedor. Selama 12 tahun membela timnas, ia mengemas 47 gol dari 108 penampilannya.

2. Sergio Busquets (Barcelona)

Sergio Busquets (Barcelona)

Sergio Busquets (Barcelona)

Berposisi sebagai gelandang bertahan Sergio Busquets selalu menjadi orang pertama yang menahan laju serangan lawan. Tak pelak ia kerap terlibat kontak fisik, hal inilah yang selalu dimanfaatkan pemain 25 tahun itu melakukan aksi diving. Kerap melakukan aksi menjatuhkan diri dengan sengaja, Busquets menjadi salah satu pemain yang paling dibenci kubu lawan. Inter Milan pernah dirugikan aksi teatrikal Busquets di musim 2009-10. Saat itu, kedua tim memainkan laga leg kedua babak semifinal Liga Champions Eropa. Terlibat kontak fisik dengan gelandang I Nerazzurri Thiago Motta, pemain internasional Spanyol itu berpura-pura terjatuh serta meringis kesakitan sembari menutupi wajahnya. Wasit mengusir Motta sementara Busquets masih saja berakting kesakitan. Yang lebih menjengkelkan, Busquets tertangkap kamera mengintip dari sela tangannya saat sang pengadil lapangan mengganjar Motta dengan kartu merah. Saat itu Inter kalah namun skuad asuhan Jose Mourinho lolos ke final dengan agregat 3-2.

3. Luis Suarez (Liverpool)

Luis Suarez (Liverpool)

Luis Suarez (Liverpool)

Penyerang asal Uruguay ini memang terkenal berbahaya jika berada di dalam kotak penalti. Namun, ada satu hal yang tak bisa lepas dari pemain berusia 27 tahun itu. Ia terkenal sebagai pemain yang mudah jatuh. Di musim 2012-13, El Pistolero sempat menjadi bahan cemoohan media-media Inggris akibat ulahnya menjatuhkan diri saat The Reds berhadapan dengan Stoke City. Berada dalam kepungan tiga pemain lawan, mantan pemain Ajax Amsterdam itu tiba-tiba terjatuh padahal tak ada kontak berarti dari pemain yang mengawalnya.

4. Filippo Inzaghi (AC Milan)

Filippo Inzaghi (AC Milan)

Filippo Inzaghi (AC Milan)

Apa yang terlintas di kepala Anda jika mendengar nama Filippo Inzaghi? Apalagi jika bukan pemain yang sering terperangkap offside. Namun ada satu lagi satu hal kontroversial yang melekat pada pemain yang kini melatih tim primavera AC Milan. Pippo juga terkenal sebagai pemain yang terbiasa melakukan diving. Oleh karena itu, banyak bek lawan sangat berhati-hati melakukan pengawalan kepada pemain satu ini saat berada di dalam kotak penalti. Ia bisa sewaktu-waktu terjatuh tanpa kontak berarti dan lantas mendapatkan hadiah tendangan penalti.

5. Ashley Young (Manchester United)

Ashley Young (Manchester United)

Ashley Young (Manchester United)

Ashley Young menjadi pemain Manchester United yang paling sering melakukan diving. Di musim 2012-13, dua kali aksi tak terpujinya itu membuahkan kemenangan bagi The Red Devils atas Aston Villa. Setelah laga, pemain 28 tahun itu bukan dianggap sebagai pahlawan. Sebaliknya ia menerima banyak cibiran dan kritik akibat aksi menjatuhkan dirinya. Bahkan, pelatih MU saat itu Sir Alex Ferguson mengancam akan membangkucadangkannya jika ia masih melakukan hal tersebut.