Search
Wednesday 13 December 2017
  • :
  • :

Inilah 10 Danau Terindah di Indonesia

Inilah 10 Danau Terindah di Indonesia

 

Posisi Indonesia yang berada di khatulistiwa menyebabkan suasana Indonesia begitu nyaman. Karena itulah banyak juga orang asing yang ingin menghabiskan masa tuanya di Indonesia. Kondisi Indonesia tidak seperti negara-negara lain yang jauh dari khatulistiwa. Negara yang jauh dari khatulistiwa memiliki fluktuasi suhu udara yang tinggi. Di tempat tertentu fluktuasi itu bisa dari 0o sampai 40o C, sementara di Indonesia sekitar 18oC sampai 32oC. Cukup nyaman bukan di Indonesia ?

 

Selain menawarkan kenyamanan, Indonesia juga memiliki alam yang sangat Indah. Salah satu keindahan itu berada di danau. Mari kita kunjungi 10 danau terindah ini melalui segalainfo.com

 

1. Danau Labuan Cermin, Kalimantan

Danau Labuan Cermin memiliki lokasi di Desa Labuan Kelambu Kecamatan Biduk-Biduk, kabupaten Tanjung-Redeb, Propinsi Kalimantan Timur. Danau ini hanya memiliki kedalaman 3 meter, sehingga kita bisa melihat karang indah di dasar danau dengan menggunakan mata telanjang. Menariknya lagi danau ini memiliki 2 rasa air, di bagian atas terasa asin, sedangkan di bawah terasa tawar.

danau-labuan-cermin

Warna air danau ini kebiru-biruan seperti laut. Mulai dari putih, hujau toska, biru muda, sampai biru tua terlihat di permukaan danau ini, sehingga memberikan nuansa keindahan sendiri. Danau ini diberi nama Labuan Cermin karena airnya sangat jernih, sehingga seperti cermin. Untuk menuju ke danau ini, diperlukan waktu 6 sampai 7 jam dari Tanjung Redeb.

 

 

2. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba merupakan danau terluas di Indonesia. Danau ini memiliki panjang 100 km, lebar 30 km dan kedalaman 450 m. Danau ini merupakan tempat wisata favorit di wilayah Sumatera Utara. Danau ini terbentuk karena letusan gunung berapi. Letusan ini terjadi pada 75.000 tahun SM sehingga tidak banyak yang tahu. Hasil letusan ini menghasilkan kawah yang digenangi air, yaitu Danau Toba.

danau-toba

Menariknya lagi di tengah danau ini terdapat sebuah pulau, yaitu Pulau Samosir. Di pulau ini terdapat suku Batak yang masih Tradisional. Di Pulau ini juga terdapat 2 danau kecil, yaitu Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni. Pada umumnya wisatawan lebih sering menikmati keindahan danaunya saja, jarang sekali mereka yang mencoba singgah di Pulau Samosir ini. Pulau yang sedikit lebih luas dari Singapura ini memiliki budaya yang masih kental dan alami. Di sinis kita bisa belajar dari masyarakat Batak Kuno yang tinggal di pulau Samosir ini . Di pulau ini huga terdapat peninggalan purbakala, desa tradisional dan kubur batu.

 

3. Danau Sentani, Papua

Danau Sentani letaknya lereng cagar alam Cycloop, dengan posisi berada pada ketinggian 75 meter di atas permukaan laut. Menarinya di danau ini terdapat 22 pulau yang dihuni oleh suku aslinya, yaitu suku Sentani. Jarak danau ini dari ibukota Papua, Jayapura sekitar 50 km.

danau-sentani

Di danau Sentani banyak dijumpai berbagai macam biota laut, yaitu ikan gabus, hiu gergaji, dan hiu sentani. Jika anda mau berkunjung ke danau Sentani, disarankan pada pertengahan tahun, karena pada saat itu sedang diadakan Festival Danau Sentani. Dengan mengambil waktu yang tepat, anda tidak hanya menyaksikan pemandangan yang indah, tetapi juga menyaksikan acara tradisional khas Papua.

 

 

4. Danau Paniai, Papua

Jika anda sudah berkunjug ke danau Sentani, jangan lupa sekalian berkunjung ke danau Paniai. Letak danau ini di kabupaten Paniai, Propinsi Papua. Sejak zaman dahulu, danau ini sudah terkenal keindahannya. Sejak tahun 2007 keindahannya mulai tersohor ke mancanegara. Luas danau ini adalah 14.500 hektar dengan posisi 1700 meter di atas permukaan laut. Pemandangan khas yang ditunjukkan danau ini adalah tebing-tebing yang indah dan mempesona.

danau-paniai

Di danau ini anda bisa melakukan kegiatan memancing di atas perahu. Jika anda memang punya hobi memancing, maka acara ini tentu tidak akan anda lewatkan, karena selain hobi anda tersalurkan anda juga menikmatai pemandangan yang indah. Penduduk sekitar danau ini banyak yang menyewakan rumahnya, sehingga jika ingin bermalam anda tidak perlu terlalu repot.

 

 

5. Danau Maninjau, Sumatera Barat

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Danau Maninjau terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Propinsi Sumatera Barat, atau sekitar 140 km di sebelah utara kota Padang. Danau ini berada pada ketinggian 460 meter di atas permukaan laut. Danau Maninjau ini awal pembentukannya dari letusan Gunung Sitinjau. Masyarakat seingkali mengaitkan Danau Maninjau dengan legenda Bujang Sembilan yang populer di tanah Minang.

danau-maninjau

Untuk berkunjung ke Danau Manninjau, siapkan energi yang cukup. Hal ini disebabkan perjalanan harus melewati kelok 44. Kelok 44  ini adalah jalan yang melalui pegunungan, naik turun dan berkelok-kelok. Rasa lelah melewati kelok 44 bisa langsung lenyap karena menikmati pemandangan indah di Danau Maninjau. Latar belakang danau ini adalah bukit-bukit yang hijau dan asri penuh keindahan. Di atas bukit terdapat puncak yang terkenal, yaitu Puncak Lawang. Tempat ini sering dijadikan tujuan wisata kedua setelah berkeliling di danau Maninjau.

 

6. Ranu Kumbolo, Jawa Timur

Ranu Kumbolo merupakan danau Indah laksana Surga yang tersembunyi. Hal ini disebabkan untuk mencapai danau ini anda harus melakukan perjalanan mendaki gunung yang cukup berat. Letak danau ini di Lereng Gunung Semeru. Lokasinya termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yaitu di antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang provinsi Jawa Timur.

ranu-kumbolo

Selama perjalanan menuju Danau ini anda akan menikmati pemandangan yang indah. Jajaran pohon cemara dan pinus di sepanjang jalan menyebabkan suasana menjadi adem di mata kita. Jika bernasib baik kita bisa juga melihat kepulan asap di puncak Gunung Semeru. Jika anda datang ketika subuh, tidak berapa lama anda akan melihat pemandangan yang begitu indah, yaitu matahari terbit yang terlihat di sela-sela bukit hijau. Ketika malam hari pemandangan juga sangat indah, karena kita bisa menikmati gemerlapnya bintang –bintang yang jauh lebih jelas terlihat dibandingkan tempat lain, wlaupun kita memakai mata telanjang.

 

7. Danau Segara Anak, Nusa Tenggara Barat

Danau Segara Anak terletak di kawah Gunung Rinjani, yaitu di Desa Sembalun Lawang, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Warna air danau ini biru, sehingga seperti laut. Orang menyebutnya anak laut (segara anak). Untuk mencapai danau ini anda harus berjuang seperti di Ranu Kumbolo. Hal ini disebabkan danau berada pada ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut.

danau-segara-anak

Danau ini seringkali dijadikan tempat istirahat bagi para pendaki yang ingin mencapai puncak Gunung Rinjani. Banyak sumber air panas di sekitar danau yang bisa dijadikan obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, terutama sakit kulit. Namun mpenduduk sekitar juga memiliki mitos bahwa di sana ada sebuah pohon keramat, dengan perantara pohon ini keinginan anda akan lebih mudah tercapai.

 

8. Danau Poso, Sulawesi

Danau Poso merupakan danau teluas  ketiga di Indonesia setelah Danau Toba dan Danau Towuti. Danau ini memiliki panjang 32 meter dan lebar 16 km, sementara kedalamannya mencapi 195 meter. Selain merupakan danau terluas, danau ini juga masuk kategori danau terindah.

danau-poso

Pinggiran danau ini dipenuhi oleh pasir putih, sehingga Nampak indah sekali. Anda bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu motor sambil menikmati pemandangan yang indah. Masyarakat di sekitar danau banyak yang memancing ataupun menjala ikan di danau ini. Selain itu mereka juga melakukan budidaya ikan di karamba. Di dekat danau ini juga terdapat konservasi Anggrek terbesar di Indonesia. Taman anggerk ini juga merupakan tempat wisata tambahan setelah danau Poso, namanya wisata alam Bancea.

 

 

9. Danau Kelimutu, Flores

Danau Kelimutu adalah danau yang terletak di area Taman nasional Kelimutu, kira-kira 45 km dari kota Ende pulau Flores. Sebenarnya ada 3 danau di puncak gunung kelimutu ini dan ketiga-tiganya sering dibari nama Kelimutu. Warna di setiap danau berbeda-beda, yaitu merah, biru dan putih. Masyarakat sekitar memberi arti yang berbeda-beda pada setiap warna air yang ada di danau ini, dan mereka meyakini satiap warna punya kekuatan gaib tersendiri.

danau-kelimutu

Untuk melakukan perjalanan ke danau ini sebaiknya dimulai dari kota Moni. Di sini merupakan basecamp bagi para backpacker. Ketika melakukan perjalanan ke danau anda bisa menikmati pemandangan sekitarnya yang indah. Ketiga danau itu namanya masing-masing adalah Tiwu Ata Polo (posisi di timur), Tiwu Nuwa Muri Koo Fai (posisi di tengah), dan Tiwu Mbupu (posisi di barat). Seringkali danau ini diselimuti kabut sehingga disarankan pengunjung ke sana dini hari. Pada pagi harinya anda akan bisa menikmati sunrise yang memukau.

 

10. Danau Singkarak, Sumatera Barat

Lokasi Danau Singkarak di Solok Sumatera Barat. Berdasarkan pengetahuan dari  masyarakat sekitar, dulunya danau ini merupakan lautan lepas dan merupakan hulu bagi Sungai Batang Ombilin.

danau-singkarak

Di danau singkarak ini, selain menikmati pemandangan yang indah, para pengunjung juga bisa berkeliling dengan perahu, berenang di danau yang airnya jernih, memancing ikan di danau, bahkan ada juga yang ikut nelayan menangkap ikan. Ada satu spesies ikan yang hanya terdapat di danau ini, yaitu ikan bilih.