Search
Saturday 25 November 2017
  • :
  • :

Gunung Budheg

Gunung Budheg

gunung-budheg

Ingin mencari tempat wisata spesial ketika berkunjung ke Tulungagung, mungkin anda harus mencoba salah satu tempat yang sedang populer di daerah tersebut saat ini apalagi kalau bukan Gunung Budheg. Gunung yang satu ini bukan saja menyajikan nama yang unik tetapi juga pemandangan yang menakjubkan. Nama dari gunung ini tak bisa dilepaskan dari sejarah babad Tulungagung yang panjang dan identik dengan kisah Joko Budheg yang dikutuk ibunya menjadi batu.

Pemandangan di tempat ini begitu indah. Anda bisa melihat hamparan sawah dari atas gunung serta hijaunya perbukitan yang sangat cocok sebagai latar belakang foto. Tempat ini juga sering dijadikan tempat untuk camping karena menjanjikan tempat yang sempurna untuk melihat matahari terbit dan terbenam.

Patung Joko Budheg

Patung Joko Budheg

Puncak Gunung Budheg bisa diakses melalui dua jalur pendakian yaitu jalur utara dan selatan. Setiap jalur menawarkan pemandangan yang berbeda-beda. Jika anda memilih jalur pendakian utara, maka anda memiliki kesempatan untuk meyaksikan Goa Tritis dan patung Joko Budheg. Jika anda menggunakan jalur selatan, maka tujuan anda tentu akan langsung menuju puncak gunung ini. Jalur selatan yang belum lama dibuka ini menawarkan sejumlah fasilitas seperti kamar mandi dan aula. Bahkan, jalur pendakian bagian selatan ini telah menjalin kerja sama dengan pengelola bank sampah untuk menjaga kebersihan di sepanjang jaur pendakian Gunung Budheg ini.