Search
Wednesday 13 December 2017
  • :
  • :

Gua Sunyaragi

Gua Sunyaragi

Cirebon, merupakan salah satu kota yang memiliki Kesultanan, selain Yogyakarta dan Solo. Oleh karena itu kota Cirebon memiliki peninggalan-peninggalan sejarah yang berasal dari kesultanan, salah satunya adalah Gua Sunyaragi. Tempat ini bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi sekaligus sarana edukasi. Oleh karena itu jika berkunjung ke Cirebon, sempatkanlah berkunjung ke Gua Sunyaragi.

gua-sunyaragi

Gua Sunyaragi adalah gua buatan yang ada di kota Cirebon, tepatnya di kelurahan Sunyaragi, kecamatan Kesambi, kota Cirebon. Pada gua ini terdapat bagian yang berbentuk seperti candi, selain itu ada bagian kolam air, seringkali disebut dengan istilah tamansari. Nama Sunyaragi berasal dari bahsa sansekerta, “sunya” yang artinya “sunyi”, dan “ragi” yang berarti “raga”. Memang gua Sunyaragi dibangun untuk tempat istirahat dan menenangkan diri serta bermeditasi bagi para keluarga kesultanan Cirebon.

kolam-gua-sunyaragi

Luas Gua Sunyaragi sekitar 15 hektar. Gua Sunyaragi ini merupakan salah satu cagar budaya di kota Cirebon. Lokasi Gua Sunyaragi di jalan bypass Brigjen Dharsono, kota Cirebon. Komposisi dan bentuk bangunan cagar budaya ini berupa taman air. Oleh karena itu tempat ini sering diberi nama Gua Taman Air Sunyaragi.

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

bangunan-gua-sunyaragi

Pada zaman dahulu, kompleks gua sunyaragi dikelilingi oleh danau. Akan tetapi saat ini danau tersebut sudah mengering. Bagian danau ini sekarang telah berubah menjadi jalan bypass Brigjen Dharsono, Pembangkit Listrik tenaga gas, perumahan penduduk , Sungai Situngkul dan Pesawahan. Di dalam kompleks Gua Sunyaragi terdapat beberapa air terjun, sehingga menambah keindahannya. Selain itu terdapat beberapa patung sebagai penghias, yaitu Patung Garuda, Patung wanita perawan Sunti, Patung Gajah dan lain-lain. Gua Sunyaragi ini merupakan milik dari keraton Pakungwati, yang saat ini lebih sering disebut keraton kasepuhan

Tamansari Sunyaragi ini memiliki 2 bagian, yaitu bagian bangunan gua dan bangunan pasanggrahan. Bagian bangunan gua bentuknya berupa miniatur gunung, yang dilengkapi dengan gua-gua buatan. Sementara bagian pasanggrajan terdapat serambi, kamar mandi, kamar tidur, ruang ibadah, tempat rias, yang semuanya dikelilingi oleh taman dan kolam. Sementara di bagian luar kompleks terdapat motif awan dan batu karang. Pintu bagian dalam berbentuk paduraksa, sedangan bagian luar bernebtuk candi bentar.