Search
Tuesday 17 October 2017
  • :
  • :

Dinosaurus

Dinosaurus

Dinosaurus merupakan binatang purba dari klad Dinosauria. Dinosaurus diperkirakan pertama kali muncul pada zaman periode Trias, yaitu sekitar 230 juta tahun yang lalu. Hewan ini merupakan vertebrata dominan selama 135 juta tahun. Dinosaurus hidup sekitar 201 juta tahun yang lalau sampai akhir perioda kapur (65 juta tahun yang lalu). Akhirnya hewan ini mengalami kepunahan.

Dinosaurus

 

Dari hasil studi terhadap fosil dinosaurus diperoleh data bahwa spesies burung memiliki kemiripan dengan dinosaurus theropoda pada zaman periode Jura. Akibatnya para palaentolog mengklasifikasikan burung berada dalam sub kelompok dinosaurus.

Jenis-jenis burung yang selamat dari kepunahan sekitar 66 juta tahun yang lalu dan keturunannya dianggap sebagai hewan yang mewarisi sifat-sifat dinosaurus.

Dinosaurus 2

Dalam sudut pandang taksonomi, ekologi dan morfologi, dinosaurus bisa digolongkan ke dalam berbagai kelompok binatang. Ada lebih dari 9.000 spesies burung yang masuk ke dalam jenis dinosurus vertebrata.  Dengan memakai hasil temuan fosil, para ahli palaentologi berhasil membuat identifikasi lebih dari 500 genera dinosaurus yang berlainan. Ada lebih dari 1000 spesies yang berbeda dengan dinosaurus non unggas.

 

Di setiap benua terdapat Jenis dinosaurus yang berbeda. Jenis ini yang ada di setiap benua selalu memiliki kemiripan dengan spesies yang masih ada. Selain itu penentuan jenis yang utama adalah melalui fosil yang ditemukan. Mayoritas spesies dinisaurus adalah herbivore, sedangkan sisanya adalah karnivora.