Search
Saturday 25 November 2017
  • :
  • :

Curug Cimahi

Curug Cimahi – Air Terjun Pelangi

Sebenarnya Curug Cimahi merupakan tempat wisata yang sudah cukup lama adanya (sejak tahun 1992), namun dengan adanya penambahan fasilitas, tempat ini seolah-olah menjadi tempat wisata yang baru. Fasilitas yang dibuat diantaranya adalah adanya lampu hias yang dipasang di belakang air terjun, sehingga air terjunnya menjadi berwarna-warni seperti pelangi. Selain itu sekarang sudah ditambah dengan dua dek view, sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun ini dari jauh.

curug-cimahi-curug-pelangi

Setelah adanya penambahan fasilitas ini, curug cimahi menjadi melejit di social media. Sejak tahun 2014, terjadi peningkatan jumlah pengunjung secara signifikan. Banyak pengunjung yang berasal dari luar Bandung, bahkan luar Jawa datang ke tempat ini untuk menikmati keindahan curug pelangi ini. Karena itulah kita sering menjumpai bus pariwisata diparkir di dekat pintu masuk Curug Cimahi ini.

Setelah melalui pintu masuk, pengunjung harus berjalan kaki melalui tangga menuju ke bawah untuk mencapai curug ini. Cukup melelahkan, namun anda tidak akan kecewa karena akan menikmati keindahan curug yang luar biasa ini. Jika anda tidak mau sampai ke bawah, anda juga bisa menikmati dari dek view. Jika anda datang ke curug ini pada malam hari, anda akan melihat keindahan kilauan air yang berwarna-warni. Anda bisa berselfie dari dek view untuk mendapatkan pemandangan yang sangat indah. Ketinggian air terjun mencapai 70 meter, sehingga air terjun yang berwarna-warni ini menjadi semakin indah.

curug-pelangi-cisarua-kab-bandung-barat

Sebenarnya lokasi curug ini tidak berada di kota Cimahi, melainkan di daerah Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Hanya saja Curug ini berada di aliran Sungai Cimahi. Di dekat Curug Cimahi ini juga terdapat curug-curug lain, di antaranya Curug Penganten, Curug Tilu, dan Curug Bugbrug. Selain itu lokasi wisata ini juga tidak jauh dari dusun Bambu.

Lokasi sekitar Curug Pelangi Cimahi ini merupakan habitat asal bagi ratusan monyet. Karena itu pengunjung di Curug ini harus berhati-hati, jangan sampai barang bawaannya diambil oleh monyet. Lokasi Curug ini berada pada ketinggian 1050 di atas permukaan laut. Tempat wisata ini dikelola oleh KPH perhutani Bandung Utara. Sejak tahun 2014 mereka memberi nama Rainbow Waterfalls Bandung agar namanya lebih keren. Ternyata pemberian nama ini menuai hasil yang bagus. Grafik pengunjung di Curug ini naik secara signifikan.

Curug Pelangi Cimahi ini tepatnya berada di desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Untuk menuju ke lokasi ini, anda bisa melalui ada beberapa alternatif

  • Dari Cimahi, melalui jalan Kolonel Masturi diteruskansampai ke atas, nanti akan menemukan tulisan Curug Cimahi.
  • Dari Cimahi, melalui jalan Cihanjuang, begitu ketemu jalan Kolonel Masturi, nanti belok ke kiri
  • Dari kota Bandung, menuju setia Budi, terminal ledeng dan masuk ke jalan sersan Bajuri, setelah dilanjutkan akan masuk ke jalan Kolonel Masturi
  • Dari Lembang, masuk ke jalan Parongpong, jika diteruskan akan masuk ke jalan Kolonel Masturi

Harga tiket masuk ke lokasi ini adalah Rp 12.000 sebelum pukul 17.00 dan dan Rp 15.000 setelah pukul 17.00