Search
Monday 25 September 2017
  • :
  • :

Cecak

cecakCecak seringkali disebut Cicak, merupakan reptil (binatang merayap) yang biasa bergerak pada tembok ataupun pepohonan. Ukuran cecak dewasa biasanya hanya pencapai 10 cm.

Cecak biasanya memangsa binatang-binatang kecil yang terbang seperti serangga (sebagian besar adalah nyamuk). Walaupun tidak bisa terbang, cecak memiliki lidah yang mampu bergerak cepat sehingga bisa dengan mudah menangkap nyamuk. Cecak merupakan Ovipar, artinya berkembang biak dengan bertelur.

Jenis-Jenis Cecak yang sering ditemui
1. Cecak Tembok
Cecak ini biasanya dijumpai pada tembok-tembok rumah dan sering bersembunyi di sela-sela atap rumah. Tubuh cecak ini pipih dan lebar, ekornya juga melebar dan memiliki jumbai-jumbai halus pada tepinya. Bagian sisi bawah pada tubuh cecak ini seperti lipatan kulit yang agak tebal dan lebar di sepanjang perutnya. Nama latin untuk cecak jenis ini adalah Cosymbotus platyurus

2. Cecak Kayu
Tubuh cecak kayu lebih kurus dibandingkan dengan cecak tembok. Binatang ini memiliki ekor bulat dan memiliki enam tonjolan kulit yang bentuknya seperti duri dari pangkal hingga ujung ekor bagian belakang.Cecak kayu menyukai tempat di pohon-pohon sekitar rumah ataupun di rumah yang berkayu. Kadangkala cecak kayu ini berada di dinding di dekat lampu bersama-sama cecak tembok, tetapi kalah bersaing dalam mendapatkan makanan.Nama latin untuk cecak kayu adalah Hemidactylus frenatus.

3. Cecak gula
Memiliki tubuh yang agak lebih kecil. Bentuk kepalanya agak bulat dan warna kulitnya transparan. Cecak ini menyukai tempat seperti dapur atau ruangan yang banyak mengandung makanan. Biasanya cecak gula memakan butiran-butiran nasi. Terkadang karena kecerobohannya cecak ini sering tenggelam di gelas minuman atau kopi. Nama latin cecak gula adalah Gehyra mutilata.

4. Cecak Batu.
Jenis cecak ini suka tinggal di batu-batu. Tubuhnya agak gelap dan berbintik-bintik. Nama latin untuk cecak batu adalah Cyrtodactylus marmoratus