Search
Tuesday 22 August 2017
  • :
  • :

Burung puyuh

Burung puyuh

Puyuh sering juga disebut poyoh, merupakan burung yang berada dalam family Phasianidae dan terdiri dari beberapa genera. Ukuran dari burung puyuh berada dalam kategori menengah. Burung puyuh yang berada dalam famili Odontophoridae dari Dunia Baru dan burung puyuh dalam famili Turnicidae (puyuh kancing) pada dasarnya memiliki kekerabatan yang jauh, akan tetapi mereka memiliki ciri-ciri dan tingkah laku yang mirip.

Puyuh merupakan ungags daratan berukuran kecil, namun badannya gemuk. Kebanyakan puyuh memakan biji-bijian, tetapi kadang-kadang juga memakan seranga-serangga kecil serta mangsa-mangsa kecil yang lain. Sarang burung puyuh dibuat di permukaan tanah. Puyuh punya kecepatan lari dan kecepatan terbang yang tinggi, hanya saja jarak yang ditempuhnya pendek. Sementara itu burung puyuh yang berasal dari Jepang, adalah burung yang sering bermigrasi ketika musim dingin. Mereka bisa terbang dengan jarak yang jauh.

Burung puyuhManusia sering memanfaatkan burung puyuh ini. Seringkali orang membuat peternakan puyuh dalam jumlah besar. Orang menernakkan puyuh untuk diambil daging dan telurnya. Namun, orang lebih banyak menernakkan puyuh karena ingin mengambil telurnya. Telur puyuh memiliki ukuran kecil, panjangnya 2 cm dan bentuknya berbintik-bintik. Rasa telur puyuh cenderung lebih disukai dibandingkan telur ayam. Di Jepang, orang mememlihara puyuh untuk diambil telurnya juga.