Search
Monday 11 December 2017
  • :
  • :

Burung Grebe

Burung Grebe

Burung Grebe merupakan burung dalam ordo Podicipediformes, hidupnya tersebar di banyak perairan tawar. Ketika musim dingin kadang-kadang burung ini mengunjungi laut. Ordo Podicipediformes terdiri dari satu famili saja, yaitu Podicipedidae, sementara spesiesnya terdiri dari 22 spesies dalam 6 genera.

Grebe memiliki ukuran bervariasi, mulai dari yang kecil hingga yang besar (yang besar jika dibandingkan burung lain hanya dalam kategori menengah). Grebe terbesar memiliki panjang tubuh dari paruh hingga ekor sepanjang 71 cm, massanya 1,7 kg sementara grebe terkecil adalah least grebe, ukurannya 23,5 cm dan massa badan 120 gram. Grebe sangat ahli berenang dan menyelam. Posisi kakinya terletak jauh di belekang, sehingga menyebabkan mereka pandai menyelam. Kondisi kaki seperti ini biasanya memang tidak ahli dalam lari di darat. Akan tetapi kenyataannya Grebe dapat berlari dalam waktu yang pendek, hanya saja seringkali terjatuh.

hewan berjalanGrebe punya sayap yang kecil, sehingga cenderung tidak bisa terbang. Namun ada beberapa spesies yang mampu terbang, hanya saja terbangnya rendah. Di Amerika Selatan ada dua spesies grebe yang tidak mampu terbang sama sekali. Jika ada bahaya mereka menghindarinya tidak dengan terbang, tetapi langsung menyelam ke dalam air.

Semua spesies grebe yang tinggal di Amerika Utara dan Eurasia melakukan migrasi saat musim dingin. Spesies grebe di lautan akan bermigrasi dengan cara terbang untuk menghindari hawa dingin. Sementara itu Pied-billed Grebe, spesies grebe kecil di air tawar yang ada di Amerika Utara melakukan migrasi ke Eropa dengan lokasi tujuan yang berbeda-beda (ada 30 tujuan).

Bentuk paruh pada burung grebe sangat bervariasi, mulai dari yang tebal, pendek, hingga yang runcing, panjang. Bentuk parauh mempengaruhi jenis makanan yang menjadi santapannya. Makanan grebe kebanyakan adalah serangga air dan udang-udangan. Burung ini memiliki kaki yang ukurannya besar dan memiliki selaput yang menghubungkan jari-jari kakinya.

Bulu-bulu pada grebe tidak seperti pada burung lain. Bulu-bulu ini sangat lebat dan tahan terhadap air. Dengan mengatur tekanan bulu-bulu pada tubuh, grebe bisa dengan mudah naik turun di dalam air. Kadangkadang burung grebe melakukan gaya renang merendah, yaitu berenang di permukaan air tetapi yang terlihat hanya leher dan kepalanya saja.

Di luar musim kawin , grebe memiliki warna putuh dan coklat gelap. Saat musim kawin grebe mempunyai suatu tanda tertentu yang ada di kepalanya, serta melakukan ritual tertentu. Grebe yang masih muda dari genus Podiceps, seringkali merontokkan bulu-bulu mudanya , ini dilakukan sampai ukuran dewasa.

Saat membersihkan badan, grebe sering memakan bulu sendiri, bahkan memberikan kepada anak-anaknya untuk dimakan. Hal ini dilakukan agar grebe muda terbiasa memakan makanan yang halus terlebih dahulu serta meningkatkan daya tahan tubuh grebe kecil terhadap segala jenis parasit yang masuk ke dalam lambung.

Sarang grebe dibuat terapung di air, terbuat dari bahan tumbuh-tumbuhan. Grebe muda memiliki sifat precocial, artinya mereka bisa berenang begitu menetas dari telur.