Search
Monday 25 September 2017
  • :
  • :

Bunglon


Bunglon 2Bunglon adalah reptil berkaki atau yang mudah berganti warna sesuai dengan lingkungannya. Kadal yang satu ini memang mengubah warnanya untuk mengecoh para pemangsa. Bunglon berada dalam suku Agamidae . Kadal lain yang masih satu suku dengan bunglon adalah soa-soa dan cecak terbang.

Bunglon memiliki ekor yang panjang menjuntai. Bahkan panjang ekor bunglon bisa mencapai 80% dari panjang tubuhnya. Panjang totl bunglon dewasa bisa mencapai 55 cm. Tengkuk dan punggung bunglon berbentuk gerigi menyerupai surai. Gerigi ini memiliki banyak sisik yang pipih panjang serta berbentuk runcing , tetapi jika dipegang terasa lunak seperti kulit.

Kepala bunglon memiliki beberapa sudut. Pada dagu bunglon terdapat kantung lebar serta bertulang lunak.  Di sekeliling mata terdapat pelupuk yang lebar serta lentur. Pelupuk ini tersusun atas bintik-bintik halus dan terlihat indah. Warna bagian atas tubuh adalah hijau muda sampai hijau tua, jika terganggu warnanya mendadak bisa berubah menjadi coklat kehitaman.

Bunglon

Warna pada sisi bawah tubuh adalah keputihan sampai kekuningan. Warna ini terdapat pada dagu, leher, perut dan bagian bawah kaki. Memiliki telapak kaki dan tangan yang berwarna kuning kecoklatan. Bagian pangkal ekor berwarna belang-belang hijau dan biru, semakin ke belakang warnanya  semakin coklat kusam dan terdapat belang-belang putih.

Bunglon biasanya ditemui di semak-semak pekarangan rumah. Terkadang bunglon terjatuh dari pohon ketika mengejar mangsanya, akan tetapi bunglon segera melarikan diri menuju pohon terdekat. Kadal yang mudah berubah warna ini biasanya memangsa ngengat , kupu-kupu, lalat, capung, dan lain-lain. Seringkali bunglon mengecoh mangsanya dengan cara berdiam diri pada ranting yang bergoyang-goyang, sehingga terlihat seperti daun.