Search
Wednesday 13 December 2017
  • :
  • :

Buaya

Buaya

 

Buaya adalah reptil yang memiliki tubuh besar dan hidup di air. Dalam taksonomi, segala jenis buaya berada dalam suku Crocodylidae. Beberapa jenis buaya yang khas adalah aligator, gavial, dan kaiman. Sementara buaya sepit tidak termasuk dalam suku buaya.

Buaya

Buaya biasanya hidup di air tawar, seperti danau, sungai ataupun rawa-rawa serta lahan basah lainnya. Namun ada juga buaya yang hidup di air payau, dikenal dengan istilah buaya muara. Pada umumnya buaya memangsa hewan hewan vertebrata (bertulang belakang), yaitu mamalia, reptil dan ikan. walaupun begitu ada juga buaya yang memakan moluska serta krustacea.Buaya merupakan hewan purba, karena fosil-fosil buaya memiliki umur ratusan juta tahun.

 

 

Nama buaya dalam bahasa Inggris adalah crocodile. Nama ini berasal dari bahasa Yunani, yaitu  krokodilos. Pemberina nama ini didasarkan atas buaya yang ditemukan di sungai nil. Kata krokodilos berasaldari kroko (batu kerikil) dan deilos  (cacing atau orang). Sebutan dari Yunani ini bisa diartikan sebagai cacing bebatuan, karena buaya di sungai Nil sering berjemur di bebatuan.