Search
Monday 11 December 2017
  • :
  • :

Bebek

Bebek merupakan unggas, termasuk jenis burung dalam famili Anatidae. Sebutan lain untuk bebek adalah itik. Umumnya, bebek merupakan burung akuatik, tetapi ukurannnya biasanya lebih kecil dibandingkan dengan kerabatnya, seperti angsa ataupun angsa berleher pendek. Bebek biasanya lebih suka di perairan, baik perairan tawar maupun laut.

Kadangkala bebek-bebek dianggap sama dengan beberapa burung air yang lain, padahal jauh berbeda. Memang bebekpenampilannya hampir sama, seperti grebe, loon, coot dan gallinule.

Jika bebek melakukan kawin silang, biasanya bisa menghasilkan keturunan. Sayangnya keturunan ini bisanya mandul (steril) alias tidak bisa menghasilkan keturunan lagi. Misalnya bebek pelari dikawinkan dengan itik serati, maka diperoleh keturunan yang mandul, yang disebut tiktok dan brati.

Penampilan

Pada dasarnya setiap bebek memiliki tubuh yang lebar dan berlekuk. Leher bebek memang cukup panjang, tetapi kalah panjang jika dibandingkan dengan angsa. Bahkan panjang leher bebek masih kalah dibanding dengan leher angsa yang berleher pendek. Biasanya bentuk tubuhnya membulat, walaupun begitu bentuk bulatannya masih penuh variasi. Paruh bebek memang lebar, memiliki penyaring makanan yang bernama lamellae. Spesies bebek penangkap ikan biasanya memiliki paruh yang lebih kuat dan panjang, dengan sisik pada kaki yang kuat serta bentuknya bagus, kakinya agak jauh di belakang badan, dan bisanya terdapat pada burung akuatik. Memiliki sayap yang kuat dan biasanya pendek. Jika bebek terbang maka kepakannya harus dilakukan secara terus menerus, sehingga dibutuhkan otot sayap yang kuat. Walaupun begitu ada beberapa spesies bebek steamer yang tidak memiliki keahlian terbang.

Bebek jantan yang berasal dari belahan bumi utara biasanya memiliki bulu-bulu yang indah. Sementera itu spesies bebek yang berasal dari belahan bumi selatan umumnya tak memiliki dimorfisme seksual. Kecuali bebek dari Selandia Baru yang bernama Paradise Shelduck dimana bebek betina justru warnanya lebih cerah dibandingkan dengan bebek jantan. Ada hal yang unik, warna bebek yang masih mudah biasanya mirip warna bebek betina dewasa, terlepas bebek muda itu jantan atau betina.

Makanan

Makanan bebek sangat bervariasi, mulai dari ikan, rumput, amfibi kecil, tanaman air, moluska kecil, cacing, sisa makanan manusia dan lain-lain. Bebek laut dan bebek penyelam mendapatkan makanannya di dalam air. Bebek laut dan bebek penyelam ini mudah menyelam karena mereka memiliki massa tubuh yang besar, sehingga menyebabkan mereka kesulitan untuk terbang.

Bebek yang berasal dari sub family Anatinae tidak punya keahlian menyelam yang jauh. Mereka memperoleh makanan dari perairan yang bisa dijangkau saja. Kemampuannya menyelam tidak sekuat dan sejauh bebek penyelam. Bebek ini memiliki paruh yang lebar dan pipih serta mengandung lamellae untuk memudahkan penyaringan makanan.

Bebek yang berada dalam spesies goosander, smew, dan merganser memiliki kemampuan untuk melahap ikan besar.

Cara berkembang biak

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Pada umumnya, bebek punya sifat monogami. Walaupun begitu ikatan ini tidak berlangsung seumur hidup, hanya sekitar satu tahun. Pada umumnya bebek berkembang biak sekali dalam setahun dan mereka masing-masing memilih kondisi yang sesuai, apakah musim semi, musim hujan ataupun musim panas.

Ekologi

Bebek mempunyai area penyebaran yang sangat luas. Hampir semua belahan dunia bisa kita temukan bebek, kecuali benua Antartika. Walaupun begitu kita masih menemukan beberapa spesies bebek yang hidup di subantartika, tepatnya di kepulauan Auckland dan Georgia Selatan. Beberpa sepesies lagi kita temukan di kepulauan samudera, seperti Selandia Baru, Hawaii, dan Kerguelen. Sayangnya spesies ini dalam kondisi terancam punah.

Spesies bebek tertentu yang habitatnya di wilayah Artik , berkembang biaknya pada saat suhu udara hangat, yaitu di musim panas, yaitu spesies migratori. Sementara itu spesies bebek di Australia yang musim hujannya terjadi pada perioda tertentu, mereka memiliki perilaku berpindah-pindah, tujuannya mencari kubangan, danau ataupun kolam yang terjadi setelah hujan turun.

Bebek bisa hidup di daerah yang pupulasinya padat. Kebiasaan migrasi mereka saat ini cenderung berubah, sehingga mereka cenderung tidak berpindah-pindah walaupun musim dingin.

Predator

Bebek merupakan mangsa yang empuk bagi para predator. Di belahan bumi manapun bebek seringkali menjadi santapan. Bebek yang masih muda biasanya mudah menjadi mangsa karena tidak mampu terbang. Biasanya bebek muda menjadi mangsa bagi para predator air, seperti ikan besar, buaya, ikan pike, serta pemburu air yang lain, termasuk menjadi santapan bagi burung pemangsa ikan, seperti burung kuntul. Seringkali sarang bebek diambil alih oleh predator darat, seperti burung elang dan rubah.

Bebek dewasa jenis tertentu merupakan penerbang yang cepat. Walaupun begitu bebek ini masih bisa ditangkap oleh para predator akuatik ketika terbang di atas air. Biasanya ketika terbang bebek berada dalam kondisi aman tetapi tidak menutup kemungkinan untuk ditangkap oleh para predator lain, seperti manusia ataupun burung Falcon. Burung Falcon, sebagai burung tercepat di dunia bisa mengejar bebek yang terbang dengan mudah.

Peternakan bebek

Bebek mempunyai banyak nilai ekonomis untuk dikembangbiakkan oleh manusia. Manusia bisa mendapatkan daging , telur dan bulunya. Bahkan kotorannya juga bermanfaat untuk dijadikan pupuk kandang. Bebek yang dijadikan hewan ternak berasal dari bebek liar, misalnya keturunan Mallard (Anas Platyrhyncos). Selain itu juga keturunan bebek pelari. Sementara bebek serati berasal dari keturunan dari Cairina. Bebek yang dipelihara manusia biasanya mempunyai ukuran yang lebih besar daripada bebek liar yang menjadi nenek moyang mereka. Hal ini disebabkan bebek ternak memperoleh makanan yang lebih teratur.

Dari hasil laporan FAO, diperoleh data bahwa negara Cina merupakan penghasil bebek yang terbanyak di dunia, setelah itu baru Vietnam dan disusul oleh negara-negara Asia Tenggara lainnya termasuk Indonesia.