Search
Tuesday 17 October 2017
  • :
  • :

Ayam Kalkun

Ayam Kalkun

 

Kalkun, seringkali disebut ayam kalkun merupakan jenis burung yang berukuran besar yang memiliki ordo Galliformes dan genus (marga) Meleagris. Seperti bangsa burung pada umumnya, ukuran kalkun betina lebih kecil dibandingkan kalkun jantan. Kalkun jantan memiliki ukuran yang lebih besar, bulu lebih berwarna-warni. Kalkun jantan memiliki cengger (daging di atas paruh) yang panjang dan menggelambir seperti belalai ke bawah.

Ayam Kalkun

Ketika di alam bebas, kalkun mudah diketahui karena memiliki rentang sayap antara 1,5 sampai 1,8 meter. Dalam kondisi bahaya, kalkun sering merentangkan sayapnya dan ekor yang berkembang seperti merak untuk menakut-nakuti lawannya. Kalkun yang berasal dari Amerika utara sering disebut M. Gallopavo, sementara kalkun yang berasal dari Amerika tengah diberi nama M. ocellata.

 

Saat ini orang menternakkan kalkun untuk diambil dagingnya. Biasanya kalkun yang dikonsumsi ini berasal dari jenis M. Gallopavo . Ayam kalkun Amerika Utar ini seringkali disebut kalkun liar (Wild Turkey). Sementara spesies M. Ocellata diperkirakan merupakan hasil domestifikasi yang dilakukan oleh suku Maya. Ada juga orang-orang yng mempunyai pendapat, kalkun yang dikembangbiakkan untuk dikonsumsi dagingnya merupakan kalkun M. Ocellata dari suku Maya. Hal ini disebabkan kalkun jenis ini lebih jinak, tidak liar dan lebih penurut. Namun tidak ada bukti morfologis yang mendukung pendapat ini. Ayam kalkun yang diperoleh dari domestifikasi ini mempunyai pial, yaitu daging yang bergelambir di sebelah bawah paruh. Ini merupakan bukti bahwa kalkun negeri asal usulnya dari kalkun liar M. Gallopavo. Sementara itu kalkun M. Ocellata yang berasal dari suku Maya tidak mempunyai pial.

 

Di Amerika Utara, kalkun liar menjadi hewan buruan. Tidak seperti kalkun negeri yang kita lihat selama ini, kalkun liar ini gesit dan pandai terbang.

 

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

 

Makanan Kalkun

Makanan ayam kalkun tidak jauh berbeda dengan unggs yang lain. Dalam peternakan, biasanya ayam yang masih kecil dikasih makan sentrat, setelah besar diberi makan bekatul atau dedak. Ayam kalkun yang dipelihara bebas oleh manusia di halaman rumahnya seringkali dikasih sisa-sisa makanan manusia.

 

 

Cara kawin

Ayam kalkun memiliki cara kawin yang unik. Jika tidak menemukan ayam betina, biasanya pejantan memiliki kebiasaan melampiaskan nafsu birahinya ke mana saja. Bisa jadi dia mencoba mengawini jantan juga. Bahkanterkadang dia mencoba menaiki benda-benda lain, seperti batu, tempat dia makan atau apapun yang bisa dinaiki sambil berimajinasi bahwa dia melakukan perkawinan

kalkun kawin

Perkembangbiakan

Kalkun berkembang biak dengan bertelur. Betina akan mengeluarkan telurnya setelah mengalami perkawinan. Dalam peternakan, seringkali 1 ekor jantan berpasangan dengan banyak betina. Telur kalkun biasanya berbintik-bintik, ukurannya sedikit lebih besar dibandingkan telur ayam. Bentuknya yang oval agak memanjang. Telur ini akan menetas setelah dierami selama 21 hari.

Telur kalkun

Pada saat kalkun ditemukan di benua Amerika, orang-orang dari Eropa menganggapnya sebagai burung yang berasal dari Afrika. Binatang ini kadang diberi nama “ayam turki”, karena itu  mama kalkun dalam bahasa Inggris adalah Turkey.  Dalam taksonomi, kalkun termasuk dalam marga Meleagris, dalam bahasa Yunani disebut “unggas asal Guinea”.