Search
Wednesday 28 June 2017
  • :
  • :

Angsa

Angsa

Angsa merupakan burung air yang memiliki ukuran besar yang berasal dari famili Anatidae dan genus Cygnys. Angsa berleher pendek dan bebek juga berada dalam famili Anatidae. Sebutan Angsa bisanya dipakai untuk angsa berleher panjang. Baik angsa berleher pendek maupun Angsa keduanya termasuk ke dalam famili Anserinae, tetapi Angsa mempunyai suku sendiri, yaitu suku Cygnini. Genus Cygnus memiliki tujuh spesies . Angsa dikenal sebagai hewan yang monogami dan kadang-kadang bisa melakukan perceraian. Perceraian terjadi ketika mereka mengalami kegagalan dalam proses bersarang.

AngsaAngsa merupakan hewan terbesar dalam family Anatidae. Hewan berleher panjang ini juga merupakan burung air terbesar yang memiliki kemampuan terbang. Spesies terbesar dari angsa adalah Angsa Trompet, Angsa Putih,  dan Angsa Whooper yang panjangnya bisa mencapai 150 cm dan beratnya mencapai 25 kg. Jika membentangkan sayapnya, lebarnya bisa mencapai 3 meter. Jika dibandingkan dengan saudara dekatnya (angsa berleher pendek), maka angsa memiliki ukuran yang lebih besar, ukuran kaki dan leher juga lebih besar secara proporsional.

Angsa dewasa biasanya memiliki tanda berupa kulit yang tidak ditumbuhi bulu, tempatnya di antara paruh dan mata. Bentuk angsa betina dan angsa jantan memang mirip, karena pada angsa tidak memiliki sifat dimorfisme seksual. Akan tetapi ukuran angsa jantan biasanya lebih besar dan bobotnya juga lebih besar.

Angsa yang habitatnya di belahan bumi utara memiliki bulu berwarna putih dan bersih, sedangkan di belahan bumi selatan pada umumnya memiliki campuran warna putih dan hitam. Angsa hitam yang berasal dari Australia (Cygnus atratus) seluruh tubuhnya berwarna hitam kucuali pada bulu sayapnya yang biasa dipakai terbang. Sementara angsa hitam muda tidak begitu hitam, tetapi cenderung berwarna abu-abu cerah.

Angsa hitam

Angsa hitam

Sementara di Amerika Selatan terdapat angsa yang hanya hitam di bagian lehernya. Sesuai kondisi fisiknya angsa ini diberi nama angsa berleher hitam. Umumnya angsa-angsa ini memiliki warna abu-abu gelap. Yang tidak berwarna abu-abu gelap ada dua spesies, mereka memiliki kaki berwarna merah muda. Angsa memiliki warna paruh yang bervariasi, spesies angsa subartik mempunyai paruh berwarna kuning bercampur hitam. Sedangkan yang lainnya campuran antara hitam dan merah.

Pada umumnya angsa terdapat pada daerah beriklim sedang. Angsa jarang dijumpai pada derah beriklim tropis ataupun kutub. Di belahan bumi utara terdapat lima spesies angsa, di Selandia baru dan Australia terdapat satu jenis spesies. Di Amerika Selatan terdapat beberapa spesies angsa yang berbeda lagi. Di seluruh benua Afrika, Asia Tropis, bagian utara Amerika Selatan dan Amerika tengah tidak dijumpai habitat angsa.

Angsa bisa memperoleh makanan baik di air maupun di darat. Biasanya angsa cenderung bersifat herbivora. Walaupun begitu terdapat beberapa angsa yang suka memangsa hewan akuatik kecil. Biasanya ketka di perairan, angsa memperoleh makanan dengan melakukan penyaringan terhadap air. Makanan angsa ini terdiri dari tanaman dalam air, tanaman akuatik, batang tanaman dan akar-akar tanaman yang terdapat di air.
Angsa cenderung birsifat monogami dan bisa berlangsung bertahun-tahun. Bahkan dalam kasus tertentu hubungan ini bisa berlangsung seumur hidup. Sarang angsa biasanya berada di daratan, tetapi mereka biasanya memilih dekat perairan (jaraknya hanya sekitar satu meter) agar bisa segera membawa anak-anaknya ke perairan begitu telurnya menetas.

Sangat berbeda dengan bebek, angsa jantan punya peranan besar dalam pembuatan sarang. Jika telur angsa diberdirikan biasanya memiliki tinggi sekitar 113 mm, sedangkan diameternya sekitar 74 mm serta beratnya sekitar 340 gram. Ukuran ini memang tergolong besar dibandingkan dengan unggas yang lain. Masa pengeraman telur angsa sekitar 34 sampai 45 hari.