Search
Monday 11 December 2017
  • :
  • :

Alligator

Alligator

Aligator merupakan binatang yang masih satu suku  dengan buaya (family Crocodilia). Kata Alligator berasal dari bahasa Spanyol “el laganto” yang memiliki arti “sang kadal”. Pada awalnya rombongan koloni dari spanyol saat itu menjelajahi rawa-rawa di daerah Semenanjug Florida dan menemukan binatang ini. Ketika melihat kadal besar ini mereka memberi nama el laganto. Sementara itu koloni dari Perancis juga menemukan binatang ini, mereka menyebutnya Allagetra yang artinya “kadal rawa”. Akhirnya kedua kata ini disatukan oleh koloni Inggris menjadi Alligator.

Alligator

Alligator memiliki perbedaan yang sangat jelas dengan buaya (crocodile), terutama di bagian mulut dan gigi. Alligator memiliki mulut yang lebih lebar, sedangkan bibirnya tampak rapi menutupi gigi. Buaya memiliki mulut yang agak panjang, bentuknya seperti huruf v, sedangkan bibirnya cenderung agak terbuka sehingga gigi-giginya terlihat meskipun mulutnya tertutup. Gigi keempat di bagian bawah pada  buaya terlihat menyembul.

Ada 5 spesies Alligator yang ada di dunia, tetapi yang masih hidup hanya 2 spesies, yaitu :

Alligator Amerika (Alligator mississipiensis)

Alligator China (Alligator sinensis)

Selain itu ada 6 spesies Caiman, yang merupakan keluarga alligator juga (berada dalam famili Crocodilian, yang terdiri dari 23 spesies)

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Habitat Asal

Alligator hanya dimiliki 2 negara, yaitu USA dan Republik Rakyat Tiongkok. Alligator China saat ini dalam kondisi terancam punah, dan hanya terdapat di sungai Yangtze. Sementara Alligator Amerika terdapat di Amerika serikat, mulai dari Carolina menuju kearah barat di sepanjang pesisir teluk meksiko Sampai Texas di bagian tenggara. Kebanyakan Alligator Amerika berada di wilayah Louisiana, daerah Missisippi selatan, serta Florida Everglades. Di wilayah Florida terdapat satu juta Alligator, bahkan lebih.  Lingkungan tempat tinggal Alligator Amerika adalah air tawar, seperti sungai, rawa-rawa, kolam, dan daratan basah (wetland). Sedangkan Alligator China hanya tinggal di hilir sungai Yangtze.

Perilaku

Alligator hidup menyendiri. Baik jantan ataupun betina jika sudah besar aken mempertahankan wilayahnya. Yang menjadi mangsa Alligator adalah binatang kecil yang bisa dibunuh dengan sekali gigitan. Sekalipun begitu terkadang Alligator juga memangsa binatang yang memiliki ukuran lebih besar dengan cara mencengkeram dan membenamkannya di dalam air sehingga mati karena tidak bisa bernafas.

Reproduksi

Alligator berkembang biak hanya di musim-musim tertentu. Musim kawin terjadi saat musim semi, karena air terasa hangat. Alligator termasuk ovipar, berkembangbiaknya dengan cara bertelur.