Search
Saturday 21 October 2017
  • :
  • :

9 Akuisisi Termahal dalam Sejarah Teknologi

Ada beberapa perusahaan raksasa yang berhasil mengakuisisi perusahaan lain dengan nominal angka yang menakjubkan. Seperti contohnya adalah Microsoft mengakuisisi Skype, Facebook mengakuisisi Instagram, Yahoo! membeli Tumblr dan banyak lagi.

Dari sejarah akuisisi tersebut, rekor terbesar masih dipegang oleh Google ketika mengakuisisi Motorola pada tahun 2011 silam sebesar USD 12,5 miliar atau sekitar Rp 138 triliun lebih.

Berikut 9 akuisisi termahal yang pernah dilakukan dalam sejarah teknologi.

1. Facebook akuisisi Instagram.

Facebook akuisisi Instagram

Facebook akuisisi Instagram

Kesepakatan awal seperti yang diumumkan pada bulan April 2012 lalu, Facebook mengakuisisi Instagram sebesar USD 1 miliar, namun setelah melakukan sederet kalkulasi lebih lanjut, jumlah tersebut menyusut menjadi hanya USD 715,3 juta saja karena terkait masalah saham yang turun.

Langkah Facebook mengakuisisi Instagram sangat tepat di waktu itu, karena Instagram merupakan startup yang sangat populer pada tahun 2012 lalu dan digunakan oleh banyak pengguna perangkat berbasis Android juga iOS

2. Yahoo! akuisisi Tumblr.

Yahoo! akuisisi Tumblr.

Yahoo! akuisisi Tumblr.

Sempat terjadi tarik ulur antara Yahoo! dengan Tumblr terkait ketidakcocokan masalah harga akuisisi, akhirnya dua perusahaan tersebut deal dan sekarang Tumblr telah menjadi bagian dari Yahoo!.

Yahoo! berhasil akuisisi Tumblr dengan uang sebesar USD 1,1 atau sekitar Rp 10,7 triliun yang dibayarkan secara tunai. Sempat terjadi pro dan kontra waktu itu, karena apabila Yahoo! membeli Tumblr maka keuangan perusahaan hanya tersisa hanya sedikit saja dan dikhawatirkan tidak mampu mencukupi operasional Yahoo! selanjutnya.

3. eBay akuisisi paypal.

eBay akuisisi paypai.

eBay akuisisi paypai.

ada tahun 2002 lalu, eBay yang terkenal sebagai tempat jual beli an lelang barang secara online berhasil membeli paypal dengan harga sebesar USD 1,5 miliar.

Namun, dipercaya atau tidak berdirinya paypai tidak luput dari campur tangan salah seorang pendiri YouTube, bahkan ketika paypail dibeli eBay pun, hal tersebut juga masih merupakan atas ‘ulah’ orang yang sama.

4. Google akuisisi YouTube.

Google akuisisi YouTube.

Google akuisisi YouTube.

Pada tahun 2006 lalu, Google berhasil membeli YouTube dengan harga US 1,6 miliar. Ternyata pembelian sebuah startup kecil yang awalnya didirikan di sebuah garasi mungil ini merupakan langkah yang tepat. YouTube sekarang menjadi tempat ‘nongkrong’ para netizen dari seluruh dunia.

Puluhan ribu video diunggah setiap hari di YouTube dan ada jutaan orang yang mengakses situs ini dalam satu hari. Hal tersebut menjadikan popularitas sekaligus saham serta harga jual YouTube semakin berlipat ganda. Keuntungan bagi Google sendiri tentunya.

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

5. Adobe akuisisi Macromedia Flash.

Adobe akuisisi Macromedia Flash.

Adobe akuisisi Macromedia Flash.

Di tahun 2005 silam, Adobe berhasil mengakuisisi Macromedia Flash dan seluruh paten hingga produknya dengan harga USD 3,4 miliar. Keuntungan buat Adobe karena berhasil akuisisi Macromedia adalah program Flash yang dikembangkan oleh Macromedia sebelumnya juga menjadi milik Adobe.

Flash yang menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript dan muncul pertama kali pada Flash 5 ini menjadi salah satu perangkat lunak penting bagi pengguna komputer dan perangkat sejenis serta menjadi salah satu produk unggulan Adobe System.

6. Microsoft akuisisi Nokia.

Microsoft akuisisi Nokia.

Microsoft akuisisi Nokia.

Nokia dan Microsoft boleh diibaratkan sebagai sahabat dalam bisnis. Banyak produk Lumia milik Nokia yang menggunakan produk Microsoft yaitu Windows Phone di dalamnya.

Seiring waktu berlalu, tepatnya (03/09), Microsoft berhasil akuisisi Nokia dengan harga USD 7,2 miliar atau setara dengan Rp 80,3 triliun lebih. Tentunya, muncul berbagai spekulasi dari akuisisi ini, salah satunya adalah nantinya keduanya akan merger dan menjadi satu perusahaan dengan satu CEO..

7. Intel akuisisi McAfee.

Intel akuisisi McAfee.

Intel akuisisi McAfee.

Pada tahun 2010 lalu, Intel umumkan bahwa mereka berhasil membeli perusahaan antivirus terkenal, McAfee, dengan harga yang cukup mencengangkan di waktu itu. Intel akuisisi McAfee dengan harga sebesar US 7,68 miliar.

Muncul berbagai spekulasi dan pertanyaan seputar akuisisi ini, untuk apa Intel membeli sebuah perusahaan antivirus yang jauh dari garis segi bisnis mereka. Namun, pastinya Intel mempunyai alasan sendiri kenapa mereka melakukan akuisisi tersebut.

8. Microsoft akuisisi Skype.

Microsoft akuisisi Skype.

Microsoft akuisisi Skype.

Seiring maraknya pemberitaan mengenai akuisisi Nokia oleh Microsoft, sindiran kecil juga muncul karena nilai akuisisi nokia tersebut masih kalah dibandingkan dengan ketika Microsoft mengakuisisi Skype pada tahun 2011 silam dengan harga sebesar USD 8,5 miliar.

Tentunya beralasan kenapa sindiran tersebut muncul. Hal itu disebabkan karena Skype hanyalah sebuah perusahaan yang memproduksi software saja, namun Nokia justru yang memproduksi hardware dibeli dengan harga lebih rendah.

9. Google akuisisi Motorola.

Google akuisisi Motorola.

Google akuisisi Motorola.

Rumor akuisisi Motorola oleh Google sebenarnya sudah lama terdengar, namun realisasinya masih belum juga dilakukan sampai akhirnya dua perusahaan tersebut bertemu dan terjalin kata sepakat pada pertengahan tahun 2012 lalu.

Dengan diakuisisinya Motorola oleh Google dengan harga USD 12,5 miliar, Google menjadi perusahaan pemegang rekor dunia dengan nominal dana akuisisi yang paling tinggi sepanjang sejarah teknologi.