Search
Monday 24 July 2017
  • :
  • :

7 Hewan Berbentuk Aneh

Beberapa hewan di muka bumi ini memiliki keanehan dibanding yang lain. Apakah kenaehan ini memiliki fungsi atau tidak yang jelas kenaehan ini cukup menarik untuk disimak. Berikut ini adalah hewan-hewan aneh tersebut.

1. African Freshwater pipefish

African Freshwater pipefishBerasal dari Afrika Barat, berbentuk tangkur pipa. Biasanya tangkur pipa hidup di laut, akan tetapi ikan ini hidup di air tawar dan vegetasi. Ikan ini memiliki ukuran sekitar 15 cm. Ikan ini bermulut kecil dengan tubuh panjang seperti ular yang ibalut oleh cincin. Tubuhnya berwarna coklat, pada bagian perutnya berwarna merah dan bagian atasnya berbintik-bintik. Sirip ekor berbentuk seperti kipas, sementara sirip anal sangat kecil. Cara makan ikan ini adalah dengan menyedot mangsanya seperti vakum.

2.African Butterfly Fish

African Butterfly FishDinamakan Butterfly karena ikan ini berbenuk seperti kupu-kupu. Panjangnya mencapai sekitar 13 cm.  Cara makan ikan ini adalah dengan menyambar mangsanya di udara. Agar lebih mudah menangkap mangsanya ia lebih sering berada di permukaan air.

3. Fang Tooth Fish atau ikan bertaring

Fang Tooth FishIkan ini hidup 5 km di bawah permukaan laut. Mempunyai gigi-gigi yang panjang mengerikan. Gigi bawahnya jauh lebih panjang, sehingga pada bagian di dekat otak kecilnya terdapat soket sebagai tempat gigi bawah ketika mulutnya menutup. Untuk ukuran ikan ini, gigi yang seperti ini sangatlah besar. Dengan kondisi ini, ikan ini dapat memangsa ikan lain yang lebih besar dari dia.

4. Cumi-cumi Vampir

Cumi-cumi VampirCumi-cumi ini bentuknya aneh dan menyeramkan seperti vampir. Memiliki warna merah terang, bermata besar  dan panjangnya lebih panjang dari cumi-cumi biasa, yaitu 30 cm. Pada tahun 1903, cumi-cumi ini disangka gurita. Makhluk ini tinggal di lautan tropis dengan kedalaman antara 600 meter sampai 1 km.  Dengan mengeluarkan cahaya yang menyilaukan, cumi-cumi ini bisa menghipnotis mangsanya. Cumi-cumi vampir ini tidak memiliki kantung tinta, tetapi dia memiliki gigi-gigi tajam yang seperti paku guna menangkap mangsanya. Ketika berenang, cumi-cumi ini seperti payung.

5. Hairy Angle Fish

Hairy Angle FishIkan hairy Angel ini hidup di kedalaman lebih dari 900 meter atau 3000 kaki. Ikan ini bisa mengeluarkan cahaya dengan menggunakan bioluminensis untuk menarik mangsanya. Ikan ini hanya memiliki panjang maksimum 5 inchi, ikan jantan memiliki tubuh lebih kecil daripada betina. Ikan jantan hanya sebesar ibu jari, dia memiliki rambut pengait guna menempel pada tubuh betina. Ketika ikan jantan menempel pada betina, seumur hidup dia tidak akan lepas, Rambut pengait akan menempel pada saluran darah betina guna menyedot sari-sari makanan dari sang betina. Seandainya ikan jantan gagal menempel pada betina maka dia akan mati kelaparan.

6. Gurita selimut

Gurita selimutUntuk menghadapi predator gurita selimut ini akan mengembangkan tentakelnya, sehingga meluas seperti selimut. Dengan cara ini predator akan berpikir dua kali untuk memakannya. Ukuran gurita betina lebih besar dari jantan, sehingga selimutnya juga lebih lebar.

7. Freshwater Lionfish

Freshwater LionfishIkan ini hidup di Indopasifik barat, yaitu di wilayah Thailand, Indonesia, Papua Nugini, Australia dan delta mekong. Ikan ini memiliki mulut yang besar seperti katak dengan kepala yang lebar serta memiliki kumis di atas mulutnya. Seringkali ikan ini berdiam dengan sabar untuk menunggu masngsanya, jika mangsanya sudah dekat maka dia segera menyambar dan memakannya. Jika dilihat dari jauh, ikan ini tampak seperti bebatuan.