Search
Friday 20 October 2017
  • :
  • :

7 Hal Bernamakan Indonesia Di Dunia

Sebagai orang Indonesia, sudah sepantasnya kita merasa bangga, karena di samping sumber kekayaannya yang berlimpah, ternyata banyak nama-nama Indonesia yang dipakai di luar negeri. Hal-hal tersebut di antaranya adalah

 

1. Kota Tempe, Arizona Amerika Serikat

Kota Tempe

Kota Tempe terletak di Arizona Amerika Serikat. Kota tempe memiliki kampus terbesar dan tertua di Arizona serta merupakan pusat dari grup penerbangan Amerika.

 

 

2. Jalan R.A. Kartini, Belanda

jl RA kartini

Raden Ajeng Kartini adalah pahlawan nasional Indonesia yang dikenal karena memperjuangkan hak-hak perempuan. Uniknya Nama R. A. Kartini dijadikan nama jalan di Belanda, dan tidak hanya satu jalan saja yang memakai nama ini.  Bahkan nama ini dipakai untuk memberi nama jalan besar, sedangkan jalan-jalan yang kecil menggunakan nama-nama pahlawan lokal.

 

3. Taman Indonesia di Belgia

Taman Indonesia di Taman Indonesia di Belgia

Taman Indonesia Belgia letaknya di Parc Paradisio,  dibuat karena kecintaan Eric Domb  pimpinan Parc Paradisio pada budaya Indonesia. Di taman ini terdapat puri Replika candi borobudur , santi agung buana Bali, Bongkahan batu besar ala gunung kawi , Replika candi prambanan, Rumah tradisional Nusa Tenggara Timur, dan Rumah Toraja. Taman Indonesia Belgia ini diresmikan pada tanggal 20 mei 2009. Untuk membuat taman ini mereka mendatangkan para pekerja yang berasal dari Jawa Tengah dan Bali.

 

4. Karel Pitak, pemain sepakbola Republik Ceko

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Karel Pitak

Salah satu pemain sepakbola dari Republik Ceko ada yang bernama Karel Pitak. Dalam Bahsa Indonesia, pitak berarti kepala ada yang terluka sehingga kulit kepala kelihatan. Pemain Sepakbila yang memiliki kelahiran 28 Januari 1980 sejak lahir memang terlihat kulit kepalanya bagian kanan bawah.

 

5. Francisco Lima,. Pemain sepakbola Brazil

Francisco Lima

Farancisco Lima adalah pemain sepakbla Brazil yang lahir tanggal 17 April tahun 1971. Entah secara kebetulan atau tidak pemain yang satu ini memiliki nomor punggung 5

 

6. Sungai Gila Arizona AS

sungai gila

Anak sungai Colorado yang memiliki panjang 100 km (650 mil) ini  memiliki memiliki nama Sungai Gila. Sungai ini terletak di Arizona Amerika Serikat

 

7. Jl Ir. Soekarno, di Pakistan dan Maroko

Jl Soekarno

Ada 2 negara yang menggunakan nama Ir. Soekarno sebagai nama jalan, yaitu Pakistan dan Maroko. Di Pakistan ada 2 tempat yang menggunakan nama Soekarno, yaitu Soekarno Bazar di Lahore dan Soekarno Square Khyber Bazar di Peshawar. Memang diiakui negara Pakiostan sangat menghormati nama Soekarno. Sampai sekarang pihak militer Pakistan masih ingat ketika TNI AL berpatroli di selat Pakistan ketika India dan Pakistan memanas pada tahun 1955. Ini Semua berkat jasa Soekarno.

 

Selain Pakistan, Negara Maroko juga sangat menghormati Soekarno. Nama Soekarno diabadikan dengan nama Rue Soekarno. Karena terkesan dengan nama Soekarno pada saat peresmian jalan itu mereka mengundang Presiden Soekarno untuk menggunting pita pada tanggal 2 Mei 1960. Selain nama Jalan Soekarno di Maroko juga ada nama jalan Jakarta.