Search
Friday 20 October 2017
  • :
  • :

7 Fakta Tentang Indonesia Yang Mendunia

Di tengah krisis kepercayaan diri rakyat Indonesia ternyata ada banyak hal dari Indonesia yang mendunia. Sudah selayaknya kita sebagai bangsa Indonesia merasa bangga dengan hal ini

1. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia

negara kepulauan terbesar

Indonesia memiliki 17.504 pulau, 6000 pulau belum dihuni manusia, dan 9634 pulau belum diberi nama. Sumatera kalimantan dan Papua merupakan tiga dari 6 pulau terbesar di dunia. Dengan banyaknya pulau ini Indonesia merupakan negara maritim terbesar di dunia. Indonesia memiliki luas perairan sebesar 9300 km persegi, serta garis pantai yang panjangnya 8100 km , sehingga total garis pantai hampir mencapai 25% di dunia.

 

2. Penopang Bumi dan Dunia

Penopang Bumi dan DuniaIndonesia memiliki kekayaan yang sangat banyak dan beragam, baik di darat dan di laut. Dunia internasionalpun mengakuinya. Indonesia memiliki hutan tropis terbesar di dunia. Keanekaragaman hayati dan plasma nutfah terbesar di dunia tersebar di Sulawesi, Kalimantan dan Sumatera dengan luas sekitar  39.549.447 hektar. Bumi sangat tergantung pada keseimbangan iklim, sehingga jika pohon-pohon di hutan tersebut hancur maka bumi ikut hancur. Artinya kelangsungan hidup bumi tergantung pada hutan Indonesia. Indonesia juga memiliki hutan bakau terluas di dunia.

 

3. Kekayaan Laut terindah di dunia

Kekayaan Laut terindah di duniaLaut di Indonesia memiliki spesies ikan hiu terbanyak di dunia (sekitar 150 spesies).  Ikan terkecil di dunia terdapat di Sumatera dengan panjang 7,9 mm, tidak bertulang kepala dan transparan. Ada 6 negara yang memiliki terumbu karang terindah dan terbanyak di dunia, salah satunya adalah Indonesia. Yang lebih menarik ternyata 75% nya ada di Indonesia, atau bisa dikatakan Indonesia mempunyai 18% terumbu karang dunia.

 

4. Kopi terenak dan termahal

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Kopi terenak dan termahalDi dunia banyak sekali orang yang suka minum kopi. Ternyata kopi dari Indonesia diakui sebagai kopi terenak dan termahal di seluruh dunia. Kopi tersebut adalah kopi luwak. Memang diakui bahwa Brazil adalah penghasil kopi terbesar di dunia, dan Indonesia ada di urutan ketiga, akan tetapi kopi terbaik tetap ada di Indonesia. Kopi yang berasal dari kotoran luwak ini, walaupun harganya mahal tetap akan dicari oleh para peminum kopi.

 

5. Budaya dan karya anak bangsa yang mendunia

Budaya dan karya anak bangsa yang menduniaProduk pakaian terkenal Guci asal Italia, ternyata menggunakan kain tenun dari Indonesia. Ini berarti kain tenun Indonesia memiliki mutu yang bagus dan diakui oleh dunia. Hal ini karena produk Gucci banyak dipakai ole publik figur kelas dunia.  Selain kain tenun banyak orang Indonesia yang memiliki karya kelas dunia, misalnya Ir Ahmad Murdijad. Beliau adalah warga Indonesia yang tinggal di Malaysia, adalah perancang menara kualalumpur yang merupakan menara tertinggi di dunia urutan keempat.

 

 

 

6. Penemuan peninggalan purbakala

Komodo  (Varanus Komodoensis) penghuni Pulau Rinca, Nusa Tenggara TimurPeninggalan purba banyak terdapat di Indonesia. Salah satunya adalah binatang purba yang merupakan kadal terbesar di dunia, yaitu komodo. Komodo hanya ada di Indonesia, yaitu di propinsi Nusa Tenggara Timur. Saat ini pulau Komodo sudah termasuk dalam 7 keajaiban dunia, sehingga Indonesia makin dikenal di mata dunia. Selain itu terdapat juga peninggalan fosil tertua di dunia (1,8 juta tahun yang lalu), yaitu Pithecanthropus erectus yang ditemukan di Trinil Jawa Tengah.

 

7. Menjadi inspirasi dunia

Menjadi inspirasi duniaTernyata nelson Mandela mengatakan bahwa beliau terispirasi oleh tokoh Indonesia yang berasal dari Makassar, yaitu Syekh Yusuf. Memang Syekh Yusuf yang merupakan pejuang dan tokoh agama pernah dibuang Belanda ke Afrika Selatan. Nelson Mandela yang merupakan pejuang hak asai manusia mendapatkan inspirasi dari perjuangan Syekh Yusuf, Bahkan Nelson Mandela mengatakan bahwa Syekh Yusuf merupakan putra terbaik Afrika Selatan.