Search
Friday 20 October 2017
  • :
  • :

6 Kendaraan Raksasa di Dunia

Sering kita melihat pesawat atau perahu yang ukurannya lebih besar dibanding mobil dan juga sepeda motor yang biasanya kita gunakan. Rasa takjub melintas saat melihatnya. Tapi tahukah bahwa di dunia ini ada pula pesawat dan perahu yang dibuat dengan ukuran yang sangat-sangat besar.

1. Antonov An-225 Mriya

Antonov An-225 Mriya

Antonov An-225 Mriya

Pesawat paling besar di dunia ini dibuat oleh Antonov Design Bureau of Soviet Russia. Pesawat ini punya lebar sayap sepanjang 290 kaki dan mampu mengangkut muatan yang sangat banyak hingga pesawat prototipe buatan Wright bersaudara bisa masuk ke dalamnya. Percaya atau tidak, pesawat ini juga sanggup mengangkat pesawat ulang alik, lokomotif pesat, dan beberapa truk yang beratnya berton-ton.

2. Airbus A380

Airbus A380

Airbus A380

A380 adalah pesawat penumpang terbesar di dunia. Kendaraan satu ini dibuat oleh Airbus dan mulai dioperasikan secara komersil pada tahun 2007. Sering kendaraan ini disebut “superjumbo” karena penampilannya yang besar dan “gendut”. Besar pesawat ini 1,5 kali lebih besar dari pesawat penumpang pada umumnya dan mampu menampung 525 sampai 800 penumpang. Pesawat jenis ini tak banyak ditemukan di penjuru dunia untuk saat ini namun dipastikan akan makin populer di masa mendatang.

3. Knock Nevis Supertanker

Knock Nevis Supertanker

Knock Nevis Supertanker

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Perusahaan Sumitomo Heavy Industries dari Jepang berhasil membuat kapal tanker paling besar di dunia ini. Bayangkan saja panjangnya bisa mencapai 500 meter. Kapal ini sudah mengarungi samudra sejak tahun 1979 dan kerap berganti nama. Para era Perang Iran – Irak di tahun 80-an, kapal ini pernah karam. Hingga akhirnya bangkainya diangkat dari dasar laut dan diperbaiki kembali. sayang dalam waktu dekat kapal ini bakal dibongkar dan tidak digunakan kembali.

4. MS Oasis of the Seas

MS Oasis of the Seas

MS Oasis of the Seas

Oasis of the Seas adalah nama kapal pesiar penumpang terbesar dunia yang dibuat oleh STX Europe dari Finlandia. Kapal ini pernah mencetak rekor dengan menampung enam ribu orang dalam sekali pelayaran. Desain kapal dan juga interiornya dibuat semewah mungkin dengan dua lantai kamar tidur, tempat golf, lebih dari satu kolam renang, klab malam, dan banyak toko. Kapal yang satu ini juga menyertakan kebun raya di dalamnya dengan lebih dari 12 ribu jenis tanaman di dalamnya.

5. Bagger 288 Bucket-Wheel Excavator

Wheel Excavator

Wheel Excavator

Ekscavator raksasa ini punya panjang 230 meter dan tinggi 100 meter. Bagger 288 dibuat di tahun 1978 oleh perusahaan tambang dari Jerman. Sayang kendaraan tambang ini tak bisa bergerak jauh dan dalam waktu yang lama, hanya 10 meter per menit. Desain rodanya yang khusus membuat kendaraan super berat ini tak bakal membuat tanah retak karena tekanannya dibagi merata.

6. NASA Crawler-Transporter

Transporter

Transporter

Kendaraan ini hanya digunakan secara khusus oleh NASA. Biasanya kendaraan ini digunakan untuk mengangkut roket dan juga pesawat ulang alik NASA ke tempat peluncuran.