Search
Monday 25 September 2017
  • :
  • :

6 Jembatan Unik di Penjuru Dunia

Jembatan salah satu ide terbaik manusia untuk hidup yang lebih nyaman. Adanya tempat-tempat seperti jurang, laut, gunung, sungai, jalan raya, menyebabkan kita sedikit terhambat dalam melakukan perjalanan menuju tempat yang kita tuju. Tempat-tempat itu, sebagiannya, mustahil dilampaui dengan telanjang kaki. Sebagian lagi, cukup mengganggu kelancaran perjalanan. Dan jembatan adalah jawabannya. Siapa pun yang mencetuskan ide jembatan ini pertama kali.

1. Jembatan Helix, Singapura

Jembatan Helix, Singapura

Jembatan Helix, Singapura

Jembatan yang melintasi sungai Singapura ini dirancang agar terlihat seperti struktur DNA. Dibuka pada tahun 2010, Helix Bridge sebagian besar terbuat dari baja dan di malam hari diterangi dengan pita pencahayaan LED untuk melengkapi desainnya yang fantastis.

2. Jembatan Kapel, Swiss

Jembatan Kapel, Swiss

Jembatan Kapel, Swiss

Jembatan Kapel berlokasi di kota Lucerne, Swiss. Jembatan ini dibangun diagonal, menyilang sungai Reuss pada tahun 1333. Bagian dalam jembatan dihiasi dengan lukisan abad ke-17 yang menggambarkan peristiwa-peristiwa dalam sejarah lokal yang semuanya hampir hangus terbakar sekitar beberapa puluh tahun yang lalu. Sekitar dua pertiga dari jembatan dan 85 dari 110 lukisan yang hilang, beberapa dapat disaksikan lagi pada tahun 1611. Sayangnya, kini hanya 25 lukisan yang bisa diselamatkan atau dikembalikan.

3. Jembatan Chengyang, Cina

Jembatan Chengyang, Cina

Jembatan Chengyang, Cina

Jembatan ini berarti jembatan “Angin dan Hujan”. Tersembunyi di antara sawah dan pegunungan, jembatan ini ditemukan di Provinsi Guangxi Cina, mencakup Sungai Linxi. Dibangun pada tahun 1916 oleh orang-orang Dong, etnis minoritas di Cina, jembatan Chengyang memiliki lima struktur pagoda terpisah dengan beranda dan paviliun. Arsitektur tradisional Cina membuatnya terlihat magis. Akan tetapi, hal yang paling “aneh” tentang jembatan ini adalah bahwa, selama konstruksi, bukan paku tunggal yang digunakan, tapi mengandalkan beberapa trik arsitektur.

4. Jembatan Rolling, Inggris

Jembatan Rolling, Inggris

Jembatan Rolling, Inggris

Jembatan ini dapat ditemukan di daerah Paddington, London. Hal yang membuat jembatan ini begitu istimewa adalah bagaimana setiap hari Jumat, bentuk segi delapan gulungan keluar menampakkan dirinya sebagai jembatan. Kemudian siang hari, ia akan meringkuk sendiri kembali ke bentuk aslinya, bersembunyi lagi sampai Jumat berikutnya. Jembatan ini menggunakan hidrolik dan selesai pengerjaannya pada tahun 2004. Perancangnya adalah Thomas Heatherwick, desainer yang juga merancang London 2012 Olimpiade dan Paralimpiade Cauldron.

5. Langkawi Sky Bridge, Malaysia

Langkawi Sky Bridge, Malaysia

Langkawi Sky Bridge, Malaysia

Jembatan ini dapat diakses melalui kabel mobil. Ia adalah jembatan penyeberangan di atas Gunung Matchicang, dengan ketinggian 2.300 kaki di atas permukaan laut, dengan panjang 410 kaki atau 125 meter. Setelah Anda melakukan perjalanan naik gunung melalui kabel mobil, jembatan memberikan wisatawan kesempatan untuk melihat beberapa pemandangan paling indah dari pegunungan dan hutan hujan Malaysia.

6. The Gateshead Millennium Bridge, Inggris

The Gateshead Millennium Bridge, Inggris

The Gateshead Millennium Bridge, Inggris

Jembatan miring? Wah, pertanda bahaya! Tapi tidak dengan jembatan ini. Kenapa? Karena memang, jembatan yang dibuka oleh Ratu Inggris pada tahun 2002 ini didesain miring! Terletak di kota Newcastle, The Gateshead Millenium digunakan untuk menyeberang Sungai Tyne. Jembatan ini telah memenangkan banyak penghargaan arsitektur untuk desain dan dijuluki “Winking Eye Bridge” karena terlihat seperti mata mengedip setiap kali miring.