Search
Monday 24 July 2017
  • :
  • :

6 Club Sepakbola Eropa Yang Mempunyai Website Resmi Berbahasa Indonesia

Banyak cara dilakukan oleh klub-klub besar Eropa demi mendekatkan diri kepada fans mereka di seluruh belahan dunia, salah satunya dengan meluncurkan website resmi yang menggunakan bahasa-bahasa di dunia. Pada tulisan kali ini, kita mau membahas tentang website klub Eropa yang telah menyediakan fitur berbahasa Indonesia Mana saja klub-klub tersebut? Oke langsung simak saja artikel berikut ini

1. Juventus FC

Juventus FC

Juventus FC

Tercatat sejak tanggal 8 september 2009, halaman utama situs resmi Juventus (juventus.com) sudah terpampang bendera Indonesia, yang mana bila kita mengkliknya akan dilarikan ke halaman berbahasa Indonesia yang beralamat di www.juventus.co.id. Munculnya situs resmi Juventus berbahasa Indonesia tak lepas dari kerja keras jajaran pengurus organisasi suporter pengemar I Bianconeri terbesar di Indonesia, Juventini Indonesia. Selama lebih dari empat bulan para petinggi Juventini Indonesia yang dimotori sang presiden Fransiskus Susetyo mempersiapkan situs Juventus berbahasa Indonesia ini. Bahkan untuk terciptanya situs Juventus berbahasa Indonesia ini proses negosiasi sudah berlangsung sejak akhir 2008 lalu yang dilakukan para petinggi Juventini Indonesia dengan pihak M Star selalu pemegang lisensi Juventus di Indonesia dan MP Silva (pemegang lisensi Juventus di Asia).

2. FC Internazionale Milan

FC Internazionale Milan

FC Internazionale Milan

Tak mau kalah dari sang rival Juventus, Inter Milan juga menyediakan website berbahasa Indonesia yang resmi diluncurkan tanggal 23 Juli 2011. Disediakannya bahasa Indonesia juga karena melihat banyaknya Interisti di Indonesia, negara terpadat keempat di dunia yang berjumlah 238 juta penduduk. Langkah ini diambil sebagai sebuah pilihan untuk membayar antusiasme fans Inter, keramahan dan kehangatan kepada FC Internazionale. Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah netter yang mengunjungi situs resmi Inter dari Indonesia selalu meningkat setiap tahunnya.

3. FC Real Madrid C.F

FC Real Madrid C.F

FC Real Madrid C.F

Situs resmi Real Madrid dalam versi Bahasa Indonesia diluncurkan pada Senin (6/2/2012) waktu setempat. Ini adalah versi kelima dari Realmadrid.com. Sebelumnya mereka sudah memiliki situs dalam versi Bahasa Spanyol, Inggris, Arab, dan Jepang. Peluncuran situs resmi El Real dalam versi Bahasa Indonesia merupakan hasil kerjasama antara Madrid dengan Mahaka Media. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya ekspansi Madrid ke luar Spanyol. Situs yang bisa diakses di alamat www.realmadrid.co.id ini akan memuat informasi tentang berita terbaru dari klub, informasi dan hasil pertandingan, video wawancara pemain, konferensi pers, pernyataan pers, arsip pertandingan, foto pemain dan legenda Madrid, dan konten eksklusif lainnya.

4. Chelsea FC

Chelsea FC

Chelsea FC

Setelah selama ini website resmi Chelsea FC hanya berbahasa Inggris, Korea dan Rusia, kemudian Chelsea mengembangkan menambah 2 bahasa lagi yaitu bahasa China dan Thailand, akhirnya setelah 15 tahun website Chelsea FC berdiri akhirnya 11 Mei 2012 website ini memuaskan hasrat para pendukung Chelsea FC di Indonesia dengan meluncurkan website resmi Chelsea FC dalam bahasa Indonesia. Website Chelsea versi bahasa Indonesia ini mulai dapat diakses sejak 11 Mei 2012 dengan alamat indo.chelseafc.com, meskipun informasi yang ditampilkan belum selengkap versi bahasa Inggris-nya tetapi web ini cukup memberikan informasi penting dan terkini bagi para penggemarnya di Indonesia.

5. FC Barcelona

FC Barcelona

FC Barcelona

Situs FC Barcelona kini tersedia dalam versi delapan bahasa, menyusul penambahan bahasa Indonesia. Peluncuran ini diresmikan dan diumumkan dalam situs fcbarcelona.com, Rabu, 8 Mei 2013. FC Barcelona telah menambahkan delapan bahasa, termasuk bahasa Indonesia pada situsnya. Kini fans Barca yang ada di Indonesia sudah bisa mengakses informasi mengenai Blaugrana dengan mengunjungi www.fcbarcelona.co.id. atau mengunjungi akun Twitter baru @fcbarcelona_id. Penambahan bahasa Indonesia menyiratkan langkah maju yang besar bagi klub. Dengan demikian, Barca memperluas kehadirannya secara global, sehingga mendorong hubungan yang baik antar fans di seluruh dunia.

6. Liverpool FC

Liverpool FC

Liverpool FC

Klub raksasa Liga Primer Inggris, Liverpool, telah resmi meluncurkan situs berbahasa Indonesia, pada Jumat, 10 mei 2013. Salah satu alasan Liverpool meluncurkan situs berbahasa Indonesia tak lepas dari jumlah penggemar mereka yang banyak di Indonesia. Situs resmi tersebut adalah indonesia.liverpoolfc.com . Situs tersebut bertujuan untuk mengajak para penggemar The Reds di Indonesia merasa lebih dekat dengan klub, yaitu menyajikan konten menarik dalam bahasa Indonesia di setiap hari. Website tersebut juga menyajikan wawancara eksklusif, berita resmi, dan video di belakang layar. Tak sampai di situ, website tersebut memproduksi konten asli untuk meningkatkan keterlibatan pendukung di seluruh Indonesia.

Itu tadi beberapa klub Eropa yang meluncurkan website berbahasa Indonesia. Semoga kedepannya makin banyak klub-klub besar Eropa yang meluncurkan website berbahasa Indonesia.