Search
Friday 20 October 2017
  • :
  • :

5 Perpustakaan Terbesar Di Dunia

Ilmu pengetahuan adalah salah satu yang berharga di dalam kehidupan manusia, sesuatu yang dapat menjawab segala sesuatu keingintahuan dan membantu keberlangsungan hidup manusia. Di setiap era manusia selalu berusaha mencatatkan dan mengabadikan ilmu serta pengetahuan yang dapat dibutuhkan di masa depan, salah satunya dengan menyimpan catatan berupa buku tersebut di dalam sebuah perpustakaan. Buku-buku terbaik yang berisikan ilmu dan pengetahuan senantiasa menjadi referensi dan bahan perbandingan terhadap berbagai fenomena yang terjadi di dalam kehidupan manusia. Sehingga diperlukan tempat terbaik untuk menyimpan dan merawatnya dengan baik. Berikut kami merangkum 5 perpustakaan terbaik di dunia:

1. Perpustakaan Nasional Inggris

Perpustakaan Nasional Inggris

Perpustakaan Nasional Inggris

Perpustakaan besar yang satu ini rajin sekali menerbitkan dan menerima buku-buku untuk kawasan Inggris dan Irlandia, adalah The British Library sebuah perpustakaan besar kebanggaan masyarakat Inggris ini berada di kawasan 99 Euston Road, London. Perpustakaan besar ini memiliki koleksi lebih dari 150 juta judul buku, dengan bahasa yang beragam. Setiap tahunnya perpustakaan ini menerima dan menambahkan 3 juta buku, koleksinya meliputi manuskrip, peta, surat kabar, majalah, dan produk-produk cetakkan lainnya. British Library memiliki koleksi stempel dan filateli sebanyak 8 juta item, sehingga tak heran jika membutuhkan rak sepanjang 625 km, bahkan setiap tahunnya di kabarkan bertambah 12 km.

2. Perpustakaan Institute for Scientific Information Russian Academy of Sciences

Perpustakaan Institute for Scientific

Perpustakaan Institute for Scientific

Perpustakaan besar yang satu ini berada di kawasan Moskow, Rusia, diresmikan pada 1969. Perpustakaan kedua terbesar di Rusia setelah Akademi Bibliografi Ilmu Pengetahuan Rusia, memiliki lebih dari 13,5 juta koleksi buku.

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

3. Perpustakaan Universitas Harvard

Perpustakaan salah satu universitas terbesar di Amerika Serikat ini terletak di Dunster Street, Cambridge, Amerika Serikat. Perpustakaan Harvard ini memiliki koleksi yang lengkap dan komprehensif lintas fakultas dan disiplin ilmu. Selain memiliki koleksi buku dan dokumentasi yang tercetak, Perpustakaan Universitas Harvard pun memiliki koleksi pustaka dalam bentuk digital. Perpustakaan Universitas Harvard sementara ini memiliki koleksi sejumlah 13.1 juta buku.

4. Perpustakaan Vernadsky National Scientific, Ukraina

Perpustakaan besar yang satu ini letaknya tidak jauh dari Rusia, yakni di Ukraina. Perpustakaan Vernadsky National Scientific, diresmikan pada 1919 dan saat ini dikabarkan memiliki koleksi lebih dari 13 juta buku.

5. Perpustakaan Publik New York

Awal berdirinya Perpustakaan Publik New York adalah diawali dengan bergabungnya Tilden Trust, Astor dengan Perpustakaan Lenox Libraries pada 23 Mei 1895. Dengan menggunakan bangunan tua Croton Reservoir, Perpustakaan Publik New York dibuka pada 10 November 1902. Pembangunan gedung tersebut menghabiskan dana 9 juta setelah sebelumnya diperkirakan sebesar 20 juta dolar AS. Perpustakaan ini memiliki jajaran rak sepanjang 88 mil untuk Perpustakaan Humanities & Social Science, dan 40 mil rak yang ada di Bryant Park. Perpustakaan terbesar ini memiliki bangku dan meja yang terbuta dari kayu pohon oak, dengan 42 meja setiap harinya mereka mempersilahkan 624 pengunjung untuk duduk dan membaca buku.