Search
Monday 24 July 2017
  • :
  • :

5 Jembatan Megah yang Terbentuk Secara Alami

Alam tak hanya memiliki gunung atau laut. Berbagai elemennya, termasuk formasi bebatuan seperti tebing juga menjadi daya tarik mengagumkan.

Seperti beberapa tebing yang dilansir Amusing Planet ini, bukan tebing biasa yang berdiri memisah laut dan daratan, tapi tebing yang mengalami erosi berkepanjangan hingga membentuk cekungan.

Cekungan ini bahkan menipis dan terkikis habis menyisakan bentuk jembatan. Melihat kemegahannya, sangat menjanjikan untuk melakukan hunting foto atau video. Seperti apa? Berikut ini kelima jembatan megah bentukan alam tersebut.

1. Xianren Bridge, China

Xianren Bridge, China

Xianren Bridge, China

Xianren Bridge atau yang biasa dikenal juga dengan Peri Bridge adalah lengkungan alami terbesar di dunia dengan rentang seluas 400 kaki atau 120 meter. Jembatan yang terukir dari batuan kapur ini terletak sekitar 40 km sebelah barat laut Fengshan di barat laut Provinsi Guangxi, China.

Peri Bridge sempat tidak diketahui keberadaannya oleh warga China. Hingga akhirnya di tahun 2009, seorang ahli geologi menemukannya melalui Google Earth. Hal ini dengan cepat dikonfirmasi oleh gambar Panoramio yang terkait dengan Google Earth, yang diambil oleh fotografer asal China. Setelah melakukan beberapa kali percobaan, akhirnya jembatan tersebut berhasil diukur pada tahun 2010.

2. Jiangzhou Immortal Bridge, Cina

Jiangzhou Immortal Bridge, Cina

Jiangzhou Immortal Bridge, Cina

Jiangzhou Immortal Bridge terletak sekitar 2 km sebelah timur desa Jiangzhou di Provinsi Guangxi, China. Atau sekitar 30 km sebelah selatan Fengshan. Panjang jembatan ini masih jadi kontroversi karena informasi yang didapat bertentangan dengan lengkungannya. Batas antara rentang ditempatkan sekitar 340 meter yang menjadi jembatan terpanjang ke dua di dunia.

3. Landscape Arch, USA

Terletak di bagian Taman Nasional Arches di Utah, Amerika, Landscape Arch jauh lebih tua dan hampir mendekati siklus hidup yang terakhir. Di bagian tertipis lengkungannya hanya memiliki tebal 6 kaki, namun rentang batunya mencapai 290 meter.

Lengkungan ini bisa saja runtuh kapanpun dalam waktu yang tak terduga. Di tahun 1991, 73 lempengan batu tipis berjatuhan. Kejadian yang sama terulang tahun 1995. 47 kaki panjang batu.

4. Kolob Arch, USA

Kolob Arch, USA terletak di Zion National Park, Amerika Serikat. jembatan berukuran 287 meter ini terletak di pedalaman Taman Nasional Zion. Pada abad ke-20, banyak orang yang beranggapan bahwa Kolob sebenarnya adalah lengkungan batu terbesar di dunia.

5. Aloba Arch, Chad

Aloba Arch adalah salah satu lengkungan batu yang paling indah di dunia. Terletak di Range Ennedi di Gurun Sahara, Aloba Arch memiliki rentang sekitar 250 meter. Lengkungan ini disebut sebagai jembatan alam tertinggi di dunia.