Search
Thursday 19 October 2017
  • :
  • :

5 Hewan dengan penampilan unik dan eksentrik

Bumi ini menyimpan berbagai macam organisme yang unik dan eksentrik. Keunikan mereka bisa muncul karena upaya mereka beradaptasi dengan habitat mereka yang sulit namun bisa juga karena mereka tak berevolusi sama sekali.

Berikut adalah lima binatang yang memiliki keunikan dari segi bentuk. Sebagian dari mereka sama sekali tak berubah bentuk dari nenek moyang mereka. Sebagian ada yang bentuknya sangat lucu hingga menyerupai boneka.

1. Salamander Raksasa China

1. Salamander Raksasa China

1. Salamander Raksasa China

Salamander Raksasa China nyaris tak berubah secara bentuk dari nenek moyang mereka 30 juta tahun yang lalu. Salamander Raksasa China merupakan spesies salamander terbesar yang pernah diketahui keberadaanya. Salamander ini dapat tumbuh hingga panjang 1,8 meter dan mampu hidup hingga usia 80 tahun.Habitat hidup Salamander Raksasa China adalah aliran sungai di pegunungan dan danau di China. Salamander ini tidak memiliki kelopak mata sehingga memiliki penglihatan yang buruk. Mereka mengandalkan kulit mereka untuk mendeteksi getaran yang dibuat oleh pemangsa dan mangsa mereka. Salamander Raksasa China bernapas menggunakan pori-pori di permukaan kulit mereka. Mangsa salamander ini adalah kepiting, udang, ikan, katak, serangga, keong dan cacing.

2. Olm

Olm

Olm

Olm merupakan binatang buta amfibi yang menyerupai ular yang hidup di perairan subteranean. Olm berukuran sekitar 20 hingga 30 cm dan memiliki kaki berjari tiga yang terlihat rapuh. Kulit Olm memiliki warna dan tekstur seperti kulit manusia. Hal ini membuatnya dikenal dengan nama ikan manusia. Olm memiliki insang dan sepasang paru-paru yang jarang mereka gunakan. Karena ukuran matanya yang sangat kecil dan nyaris buta, Olm memanfaatkan daya penciuman dan pendengaran mereka untuk bertahan hidup.

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

3. Giant Grenadier

Giant Grenadier

Giant Grenadier

Giant Grenadier merupakan satu-satunya anggota genus albatrossia yang ditemukan hidup di sepanjang pantai utara Jepang hingga laut hering. Ikan ini mampu tumbuh hingga sepanjang 2 meter dan hidup hingga usia 56 tahun. Giant Grenadier hidup dengan memangsa berbagai organisme. Cumi-cumi, kepiting, cacing, udang merupakan beberapa jenis mangsa yang dia pilih. Giant Grenadier dikenal karena bentuknya yang mengerikan menyerupai ular dengan ekor yang runcing dan mata besar.

4. Raja Herring

Raja Herring

Raja Herring

Raja Herring biasa hidup di kedalaman 300-1000 meter. Ikan ini jarang ditemukan karena habitatnya yang dalam tersebut. Ikan ini akan mati bila berada pada laut dengan kedalaman di atas 300 meter. Raja Herring pertama ditemukan ketika hanyut dan mati di pantai Bermuda pada 1860. Ilmuwan percaya sejumlah mitos tentang Serpent laut berasal dari sejumlah penampakan ikan Raja Herring. Raja Hering walaupun berjenis ikan namun tidak memiliki sisik. Ikan inipun juga tidak membahayakan manusia walaupun ukurannya yang besar.

5. Kelinci Anggora

Kelinci Anggora

Kelinci Anggora

Makhluk yang menyerupai boneka bantal ini merupakan kelinci yang diternak untuk bulunya. Mereka berasal dari Anggora, Turki. Hewan ini sangat cocok sebagai binatang peliharaan. Mereka mampu hidup selama tujuh tahun jika dirawat dengan baik. Kelinci Anggora memiliki tujuh jenis sub-spesies yang telah dibudidayakan diantaranya Inggris, Jerman, Raksasa, Prancis dan Satin. Kelinci Anggora bisa tumbuh seberat 6 Kg dan merupakan binatang yang aktif walau terlihat gendut.