Search
Saturday 21 October 2017
  • :
  • :

3 Lagu Dengan Durasi Terpanjang

1. Judul Lagu Long Player karya Jem Finer ( Durasi 1000 tahun ! )

Long Player

Long Player

Gubahan musik karya Jem Finer ini sebenarnya memiliki durasi 20 menit 20 detik saja. Namun, melalui bantuan algoritma komputer dan penambahan beberapa variasi, lagu ini bisa dimainkan hingga 1000 tahun tanpa berhenti. Pertama kali dimainkan pada 1 Januari 2000, Longplayer diperkirakan akan selesai dimainkan pada 31 Desember 2999. Setelah itu, lagu itu akan memutar kembali hingga 100 tahun selanjutnya, begitu seterusnya. Saat ini kamu dapat mendengarkan lagu itu di Millennium Dome di London, 19th Century Lighthouse di Trinity Buoy Wharf dan tempat-tempat umum lainnya di Inggris, Amerika, Australia, dan Mesir. Masih penasaran bagaiman lagunya? Kamu bisa kok mendengarkannya di http://www.longplayer.org/

2. ASLSP (As Slow As Possible) by John Cage ( Durasi lagu 639 thn )

As Slow As Possible

As Slow As Possible

Proyek seorang komposer bernama John Cage ini dimulai pada tahun 2001 silam. Sebenarnya, ASLSP merupakan gubahan dari karya Cage pada tahun 1987 yang berdurasi hanya 20-70 menit. Namun Cage mengatakan , bahwa lagu buatannya ini dibuat untuk dimainkan selambat mungkin. Yap, misinya adalah membuat lagu berdurasi pendek itu menjadi 639 tahun dengan menggunakan organ pipa yang telah diproses bersama suatu alat, agar terus memainkan kubahan musik tersebut terus menerus. Namun meski begitu, ada saat jeda setiap pergantian akord. Musik ini dibuat untuk organ dan piano, sayangnya hingga saat ini not yang sudah jadi hanya sampai tahap ke-6. Lokasi pembuatan dan pelaksanaan lagu ini berada di Gereja Sankt Burchardi, Halberstadt, Jerman. Sebagai perdana, Diane Luchese memainkan lagu ini pada 5 Februari 2000 selama hampir 15 jam nonstop, dari 8:45 AM sampai 11:41PM di Harold J. Kaplan Concert Hall. Ini adalah permainan satu lagu terpanjang yang pernah dimainkan manusia dan didokumentasikan. Amazing!

3. Like a Wall in Which an Insect Lives and Gnaws by Bull of Heaven ( Durasi 7 thn saja gan )

Like a Wall in Which an Insect Lives

Like a Wall in Which an Insect Lives

Band yang berasal dari Denver, Colorado, Bull of Heaven sudah tidak asing lagi di catatan rekor dunia. Berkali-kali mereka berhasil menembus Guinness Book of Records, yaitu dengan menciptakan lagu berdurasi terlama. Pertama, mereka menciptakan sebuah lagu berjudul The Chosen Priest And Apostle Of Infinite Space. Saat itu, band bentukan duo Clayton Counts dan Neil Keener itu masih berdurasi 1453 jam atau kurang lebih dibutuhkan waktu 2 bulan untuk mendengarkan lagu itu sampai tuntas. Namun, tak lama setelah itu, rekor kembali mereka pecahkan. Lagu berjudul A Violet Breath mengikuti kesuksesan lagu sebelumnya. Untuk mendengarkan lagu kedua mereka, kamu membutuhkan waktu 9772 jam atau sekitar 8-9 bulan. Tak berhenti di situ, mereka kembali menggemparkan dunia dengan ciptaan lagu berjudul Like a Wall in Which an Insect Lives and Gnaws yang memiliki durasi ekstrem, yakni 5,7 tahun! Tak puas dengan sabetan rekor dunia yang mereka raih, Bull of Heaven dikabarkan akan membuat proyek lagu yang berdurasi super ekstrem, 1000 tahun! Well, akankah mereka masih bertahan hidup saat lagu itu siap dirilis?